Menteri Luar Negeri Irlandia Kecam Permukiman Israel

aspacpalestine.com – Dublin. Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Irlandia, Simon Covini mengecam keputusan yang diambil oleh otoritas penjajah Israel baru-baru ini. Keputusan tersebut menargetkan perluasan permukiman Israel di wilayah Palestina.

Terkait keputusan baru-baru ini, Menteri Covini mengatakan bahwa mengecam keputusan yang dikeluarkan pekan ini oleh otoritas penjajah Israel terkait persetujuan membangun ribuan unit rumah di permukiman-permukiman Israel di Tepi barat, termasuk keputusan membangun bagunan di wilayah-wilayah, yang jauh dari wilayah perbatasan pada tahun 1967, dan tidak dapat selalu dimaksudkan pertukaran wilayah yang telah disepakati antara kedua belah pihak. Permukiman telah berlanjut, terutama di daerah-daerah sensitif yang membagi wilayah-wilayah yang akan didirikan negara Palestina.

“Saya sangat prihatin dengan pengumuman terkait pembangunan di daerah-daerah yang sensitif di Al-Quds Timur, melalui pengambilalihan dan pengusiran penduduk Palestina yang terus berlanjut untuk membuat aktivitas pemukiman ilegal.

“Tindakan sepihak dan provokasi ini merusak kredibilas komitmen solusi damai otoritas penjajah Israel terkait solusi damai dan perundingan. Hal itu merupakan perkara yang penting untuk menjamis kemerdekaan dan menikmati hak-hak politik orang Palestina secara penuh”, katanya. Dia meminta Israel untuk membatalkan keputusan ini. Menteri Luar Negeri itu menganggap bahwa ini akan menjadi ancaman serius bagi solusi dua negara, dimana Irlandia, Uni Eropa dan masyarakat internasional berkomitmen penuh terhadap solusi dua negara ini.

 

Sumber: alquds.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *