Menteri Luar Negeri Argentina Tolak Klaim Regev: Kami Memang Rekomendasikan untuk Tidak Bertanding di Yerusalem

 

Miri Regev, Menteri Olahraga dan Budaya Penjajah Zionis

 

Oleh: Mahmud Mujadaleh

Menteri Luar Negeri Argentina Jorge Faurie mengatakan pada hari Kamis (07/06) bahwa kementeriannya telah merekomendasikan kepada federasi sepak bola di negaranya untuk  tidak memainkan pertandingan persahabatan melawan tim “Israel” di Yerusalem yang dijajah.  Ini merupakan hal yang bertentangan dengan klaim oleh Menteri Kebudayaan dan Olahraga “Israel”, Miri Regev. Yang kemaren telah menuduhkan pembatalan tersebut dilakukan atas dasar ancaman teroris yang diterima oleh Lionel Messi, bintang dari tim Argentina.

Menteri Argentina menjelaskan bahwa pertandingan itu “seharusnya diadakan di Haifa,” Dia menjelaskan bahwa “kegemparan yang ditimbulkan oleh pelaksanaan pertandingan itu di Yerusalem dianggap sebagai konsekuensi dari pemindahan kedutaan AS ke kota yang dijajah itu.”

Menteri Luar Negeri Argentina Jorge Faurie – Sumber: CNN

Faurie Selasa malam dari Amerika Serikat telah menjelaskan: “Sepanjang pengetahuan saya, para pemain di dalam tim tidak mau bermain dalam pertandingan ini,” Ditambahkannya “Bahkan sang pelatih, Sampaoli telah meminta agar tidak diadakan pertandingan persahabatan lainnya dan fokus pada pertandingan Piala Dunia pertama pada 16 Juni melawan Islandia di Grup-4, yang didalamnya juga termasuk Kroasia dan Nigeria.”

Menteri luar negeri Argentina mengatakan bahwa kampanye penentangan terhadap tim mereka juga memberikan pengaruh pada pengembilan keputusan ini. Dikatakannya: “Kampanye yang menyebar di media massa, ancaman terhadap para pemain, memamerkan baju berlumuran darah, ancaman kepada anggota keluarga pemain, semua ini diantara faktor-faktor yang menjadi pertimbangan.”

Dalam berbagai aksi penekanan yang dilakukan oleh BDS – yaitu gerakan boikot, pencabutan investasi dan pemberian sanksi  – terhadap federasi Argentina supaya dibatalkannya pertandingan yang mereka anggap sebagai tindakan “memutihkan wajah” “Israel”. Sekelompok massa berdemonstrasi di luar markas tempat berlangsungnya latihan oleh tim Argentina di kota Barcelona Spanyol, Selasa (05/06), sambil membawa kaos tim yang berlumuran dengan darah, sambil meneriakkan agar Messi jangan ikut bermain dalam pertandingan persahabatan itu.

Dalam rangka mendedikasikan identitas Penjahan “Israel” di kota Yerusalem, secara internasional, dan dalam rangka memasarkan dirinya ke tengah-tengah opini publik “Israel”, Regev (Likud) bersikeras untuk melaksanakan pertandingan persahabatan antara tim nasional Argentina dan tim Israel di Stadion Teddy di Yerusalem. Dimana event ini sebelumnya telah dijadwalkan berlangsung di stadion Sami Ofer di Haifa, meskipun ini telah membebani kas pemerintah Zionis minimal 2,7 juta shekel yang diambil dari dana pembayaran pajak, termasuk juga pajak dari warga Arab.

Perlu dicatat bahwa pertandingan itu diadakan atas prakarsa seorang investor swasta”  Israel”, namun Regev mengintervensi dan berjanji  “kementeriannya untuk menanggung biaya penyelenggaraannya di Yerusalem dan mengatur penjaga keamanan yang diperlukan bagi tim Argentina.”

Regev kemaren mengklaim bahwa “Ancaman terror terhadap nyawa Messi telah membuatnya kewalahan,” dia mengklaim lebih jauh bahwa ” tidak ada keberatan sama sekali dari pihak Argentina untuk bertanding di Yerusalem.”

Dalam wawancara dengan “Syarikat Al-Akhbar” dalam siaran berita malam, Regev melanjutkan klaimnya dan mengatakan “Messi adalah orang yang memulai dan meminta pertandingan dilaksanakan  di Yerusalem, dan itu berasal dari keinginannya untuk mengunjungi kota yang suci ini.” (i7)

————–

Sumber: www.arab48.com, terbit: 07/06/2018 – 21: 34.

, , ,

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *