Meminimalisasi Efek Genosida, WHO Upayakan Solusi Krisis di Gaza

 

Genosida Gaza | Genosida bukan hanya pembantaian yang dilakukan secara langsung. Apa yang dilakukan Israel terhadap Gaza merupakan pembantaian yang dilakukan secara perlahan. Apa itu? Pemblokadean terhadap warga dan wilayah Jalur Gaza.

 

Dampak dari Genosida yang dilakukan adalah krisis di berbagai sektor kehidupan. Salah satu krisis yang kini mengancam Gaza terjadi di sektor kesehatan. Juru Bicara dari Kementerian Kesehatan, Ashraf Al-Qudra, mengatakan bahwa krisis di sektor kesehatan telah memasuki tahap paling berbahaya. Oleh karena itu, untuk meminimalisasi krisis yang terjadi, WHO (World Health Organisation) melakukan beberapa upaya.

 

Gerald Rockenshawp, perwakilan WHO di wilayah Palestina, mengatakan bahwa situasi begitu sulit bagi rumah sakit dan layanan kesehatan di Gaza. Gerald juga memperingatkan, akhir Februari atau paling lambat bulan Maret nanti krisis kelangkaan bahan bakar akan terus berlanjut pada fasilitas kesehatan. Hal tersebut ia sampaikan seusai pertemuan dengan wakil Kementerian Kesehatan di Gaza, pada Selasa lalu (30/1). Ia menjelaskan, bahwa WHO sedang mengerahkan upaya intensif untuk mengakhiri krisis bahan bakar. Dirinya telah mengadakan pertemuan dengan pihak-pihak diplomatik internasional, membahas situasi kesehatan di Gaza. Selain itu, seruan pun telah dilakukan pada negara-negara pendukung agar membantu mengatasi krisis tersebut. Dalam pertemuan itu, Gerald juga mengkaji krisis-krisis lain yang dialami Kementerian Kesehatan, salah satunya kekurangan persediaan obat-obatan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *