Manuver Latihan Al-Qassam dan Eskalasi Militer Israel

Batalion Izzudin Al-Qassam, sayap bersenjata Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) pada hari Ahad pagi telah memulai manuver militer defensif di Jalur Gaza. Latihan atau manuver militer ini dilakukan di tengah-tengah situasi yang menegang di bawah bombardir terang-terangan oleh Israel, dan berbagai persiapan militer Israel untuk mengkonfrontir “pawai kepulangan” yang telah ditetapkan akan berlangsung Jumat depan (30/03) di Jalur Gaza.

Manuver latihan “Tegar dan Menantang” diluncurkan pasca beberapa jam bombardier Israel yang mentarget lokasi Batalion Al-Qasam dengan dalih infiltrasi yang dilakukan empat pemuda Palestina melintasi pagar pemisah, dan upaya mereka membakar  mesin bor Israel yang digunakan untuk menggali benteng (parit) sebagai anti-terowongan (yang biasa dibuat Hamas).

Kantor berita Anatolia melaporkan bahwa ada ratusan unsur Al-Qassam disebar di jalan-jalan Jalur Gaza membawa senjata ringan di permulaan manuver latihan, yang digambarkan sebagai yang paling pertama di kelasnya.

Sayap militer Hamas mengumumkan dalam sebuah pernyataan kemarin malam tentang tekatnya untuk melaksanakan manuver latihan ini, yang katanya telah direncanakan sebelumnya. Dia menjelaskan bahwa dalam acara ini akan terdengar suara-suara tembakan dan ledakan, dan akan ada pergerakan aktif pasukan dan kendaraan.

Di sisi lain, tentara Israel bertekad memberlakukan penjagaan keamanan di Tepi Barat dari sekitar tiga minggu sebelum hari raya Paskah (Yahudi). Sebagaimana juga akan disebar tentara di perbatasan Jalur Gaza sebelum berlangsungnya “pawai kepulangan” yang akan berlangsung di Jalur Gaza pada pada tanggal tiga puluh bulan ini.

Menurut situs resmi Israel bahwa akan dikirim pasukan khusus, termasuk penembak jitu ke berbagai daerah di Tepi Barat dan perbatasan Gaza. Pasukan-pasukan itu akan dibekali dengan berbagai persenjataan untuk membubarkan demonstrasi dan pembuatan tanggul pasir sebagai antisipasi demonstrasi, yang telah diumumkan oleh Lembaga Nasional Tertinggi untuk “pawai kepulangan”.

Situs itu menambahkan bahwa Kepala Staf Jenderal Gadi Eisenkot menyetujui rencana untuk mengkonfrontir “Pawai Kepulangan”, dan telah meninjau bersama para petinggi militer instruksi khusus untuk melakukan penembakan (Aljazeera/i7).

——

Keterangan foto:

Pameran Brigade Qassam di Gaza akhir 2014 (Reuters)

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *