Manuver AS Jelang Sidang di Majelis Umum PBB

aspacpalestine.com – New York. Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, NIkki Hayley memberikan peringatakan kepada anggota PBB, terkait voting menolak pengakuan Al-Quds sebagai ibukota Israel oleh Trump. Haley mengatakan akan “mengambil nama-nama” dari negara-negara yang menolak keputusan Trump tersebut.

Dalam sebuah surat yang dilihat oleh Guardia, Haley mengatakan kepada negara-negara, termasuk delegasi Eropa, bahwa akan melaporkan kembali kepada Presiden AS mengenai nama-nama yang mendukung draf resolusi penolakan terhadap langkah AS, di Majelis Umum PBB pada hari Kamis (21/12/2017). Haley menambahkan bahwa Trump akan melihat persoalan ini secara personal.

“Presiden AS akan melihat voting ini dengan hati-hati dan meminta kepada saya untuk melaporkan kembali tentang orang-orang yang memilih menentang kami”, ujar Haley.

“Pada hari Kamis (21/12/2017), di PBB akan dilakukan voting yang mengkritik keputusan kami. AS akan mengambil nama-nama tersebut”, kata Haley dalam twittannya.

193 negara Majelis Umum PBB akan mengadakan sebuah sidang darurat pada hari Kamis (21/12/2017). Sidang ini mengagendakan memvoting sebuah draf yang diajukan. Sebelumnya, Dewan Keamanan PBB melakukan voting terhadap draft resolusi mengenai pembatalan keputusan Presiden AS Donald Trump, yang mengakui Al-Quds sebagai ibukota Israel. Namun, AS menggunakan hak vetonya untuk menghalangi draft resolusi tersebut.

Menurut Haarezt, Israel telah memberikan instruksi ke misi diplomasinya sendiri, dengan memerintahkan para duta besar untuk melakukan pertemuan dengan para perwakilan negara di PBB. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk meyakinkan para perwakilan negara di PBB untuk menentang draft resolusi, di Majelis Umum PBB dan meminta mereka untuk tidak berpidato.

Sebuah Draft resolusi yang dilihat oleh Guardian, meminta Majelis Umum PBB untuk menyatakan bahwa kebijakan AS adalah “batal dan tidak sah”.

 

Sumber: theguardian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *