Malaysia Berharap Buka Kedutaan di Palestina

Oleh: Lulu Basmah

Malaysia berharap dapat membuka kedutaan di Palestina, meskipun kemungkinan itu sangat sulit, ungkap Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifuddin Abdullah.

Ia mengatakan bahwa perjanjian untuk Palestina telah dipromosikan oleh rezim Tel Aviv selama beberapa dekade.

“Kapan? Itu pertanyaan kedua. Tetapi ambisi dan komitmen, serta persiapan harus dimulai.”

“Ini adalah tugas dan tanggung jawab negara-negara berdaulat seperti Malaysia, untuk membantu orang-orang di negara-negara yang menghadapi situasi sulit selama bertahun-tahun, sejak 1948, ketika Israel dibentuk,” ungkapnya pada Senin (15/4).

Saifuddin mengatakan bahwa masalah itu akan digelar di kabinet, dan pendirian kedutaan tidak akan melibatkan Israel, di mana Malaysia tidak memiliki hubungan diplomatik.

“Ada negara lain yang mendirikan kedutaan mereka di Palestina, tetapi kami tidak akan mengikuti metode untuk mendapatkan pengakuan dari Israel, secara langsung atau tidak langsung. Kami pasti hanya akan berurusan dengan Palestina,” katanya.

Saifuddin mengatakan usulan tersebut adalah bentuk dukungan moral bagi Palestina, serta cara untuk memudahkan proses bagi rakyat Palestina di Malaysia untuk kembali ke negara mereka.

Ditanya apakah usulan itu adalah perlawanan terhadap negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat, Saifuddin mengatakan usaha tersebut akan dipertimbangkan berdasarkan kepentingan nasional daripada bantuan pelatihan atau gertakan terhadap negara lain.

Rencana kedutaan Malaysia di Palestina disebutkan oleh Saifuddin dalam balasan lisannya kepada Anwar Ibrahim di Dewan Rakyat pada pekan lalu.

Dalam jawabannya, Saifuddin mengatakan bahwa kementeriannya sedang mengumpulkan data penting mengenai partai dan perwakilan di Palestina.

Ada lebih dari 30 kantor diplomatik dan organisasi internasional di Ramallah dan Gaza, Palestina.

Palestina saat ini memiliki kedutaan di Kuala Lumpur, sementara Duta Besar Malaysia untuk Mesir diakreditasi untuk Palestina. (LB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *