Maariv: “Kesepakatan Abad Ini” Mencakup Pemisahan 4 Desa Dari Yerusalem

Surat kabar Maariv melaporkan Jumat (04/05) bahwa selama kunjungan Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman pekan lalu ke Washington, dia diperlihatkan sebagian dari isi “Kesepakatan Abad Ini” yang dibuat oleh Pemerintahan Presiden AS Donald Trump, untuk menyelesaikan masalah Palestina.

Menurut surat kabar itu, kesepakatan itu termasuk apa yang disebut “konsesi yang luas” dari Pihak Israel. Dan bahwa Amerika Serikat mengharapkan Israel untuk menyetujui kesepakatan itu dan “menyelesaikan konsesi yang menyakitkan,” meskipun yang dibicarakan adalah tentang wilayah yang dijajahnya.

Dilaporkan bahwa selama pembicaraan itu, para pejabat tinggi di dalam Pemerintahan Amerika memperlihatkan bagian dari perencanaannya yaitu “Pada tahap pertama, Israel diminta untuk memisahkan empat desa di Yerusalem Timur yang dijajah: Shu’fat, Jabal al-Mukaber, Isawiya dan Abu Dis.  Keempat desa itu akan berada di bawah kekuasaan Otoritas Palestina dan terpisah dari Yerusalem,”

Besama dengan itu, Lieberman juga bertemu dengan Petinggi Keamanan AS, termasuk Menteri Pertahanan James Matisse, Kepala Staf Gabungan Joseph Danforth, dan Ketua Dewan Keamanan Nasional John Bolton. Sebagaimana juga berlangsung pembicaraan dengan utusan Timur Tengah AS, Jason Greenblatt, dan saudara iparnya dan penasihatnya, Jared Kouchner.

Surat kabar itu menambahkan bahwa Washington telah berjanji kepada Israel untuk mendukung Gedung Putih tanpa syarat terkait segala sesuatu yang berhubungan dengan aksi melawan nuklir Iran. Selain itu, Washington memberikan Israel dukungan luas di dalam organisasi-organisasi internasional jika negara itu memutuskan untuk bertindak langsung melawan Iran. Pemerintah AS juga memberikan dukungan militer yang serius kepada Israel dalam kasus pecahnya peperangan. Kantor Lieberman menolak berkomentar terkait hal ini (i7).

—–

Sumber: www.arab48.com, terbit: 04/05/2018 – 08:54

, , , , , , , ,

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *