Liga Arab Batalkan MOU dengan Guatemala Pasca Pemindahan Kedutaannya ke Yerusalem

Mahmoud Afifi, Jubir resmi atas nama Sekretaris Jenderal dan Menteri Berkuasa Penuh Liga Arab mengumumkan -berdasarkan arahan dari Ahmed Aboul Gheit,  Sekretaris Jenderal Liga Arab – telah ditangguhkan dan dibatalkan MOU  yang telah ditandatangani bersama Departemen Luar Negeri Republik Guatemala pada 2013, dengan menginformasikan pihak Guatemala untuk tidak dilanjutkannya kerjasama di antara kedua belah pihak sebagai akibat dari sikapnya pada isu Yerusalem.

Afifi mengatakan dalam keterangan yang dibuatnya, Rabu (23/5):  Ini dilakukan dalam rangka mengaktifkan teks resolusi yang terbit tgl 17/05 lalu tentang sesi luar biasa Liga Arab pada tingkat menteri luar negeri, dalam bentuk kecaman  terhadap langkah Republik Guatemala memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Dan Liga Arab bertekad untuk mengambil langkah-langkah politik dan ekonomi yang tepat terhadap langkah Guatemala ini.

Juru bicara itu menjelaskan bahwa pihak Guatemala telah diinformasikan bahwa langkah ini diambil sebagai akibat dari pemindahan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem, termasuk pelanggaran preseden yang jelas dan eksplisit dan berbahaya yang melanggar konsensus internasional mengenai status hukum dan sejarah dari kota yang dijajah yaitu Yerusalem. Itu juga menggambarkan pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional dan resolusi PBB terkait. Dan itu mengarah kepada ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional dan melemahkan sistem internasional berdasarkan hukum internasional.

Afifi mengambil kesempatan tersebut untuk mengkonfirmasi ajakan dari Liga Arab kepada semua negara di dunia untuk tidak mengambil langkah memindahkan kedutaan mereka ke kota Yerusalem yang dijajah dan untuk mematuhi resolusi internasional yang sah terkait masalah Palestina, termasuk yang secara khusus berkaitan dengan status Yerusalem (i7).

———-

Sumber: www.palinfo, terbit: Rabu, 23/05/2018 – jam:  08:11:52 siang.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *