Liga Arab Akan Adakan Sidang Darurat Terkait Palestina

Liga Arab akan mengadakan sidang darurat Selasa (03/04) terkait serangan mematikan Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza, kata pejabat Liga Arab Senin hari ini.

Saeed Abu Ali, Asisten Sekjen Liga Arab Bidang Palestina dan Wilayah Arab yang terjajah mengatakan bahwa Arab Saudi akan memimpin sidang di tingkat perwakilan yang akan diadakan atas permintaan dari Otoritas Palestina.

Palestina telah mendesak Liga Arab pada hari Ahad (01/03) untuk diadakannya sidang tersebut dikarenakan “kejahatan Israel terhadap Pawai Hari Bumi”, Kata Duta Besar Palestina untuk Kairo kepada Anadolu Agency.

Diab al-Louh mengatakan negaranya telah mengajukan memorandum kepada Liga Arab bagi diadakannya sidang di tingkat perwakilan tetap karena kejahatan Israel dan kekuatan mematikan yang digunakan terhadap demonstran damai selama protes di Hari Bumi Jumat lalu.

Liga Arab mengatakan bahwa organisasinya telah mengikuti dari dekat perkembangan yang telah mengakibatkan syahidnya 17 orang warga Palestina di perbatasan Gaza. Kelompok itu juga menuntut masyarakat internasional untuk memenuhi tanggung jawabnya dalam menghentikan pelanggaran Israel dan membentuk sebuah komisi penyelidikan. Selain jatuhnya korban syahid, serangan itu juga telah melukai hampir 1.500 korban lainnya.

Puluhan ribu demonstran berkumpul Jumat (30/03) di sepanjang perbatasan 45-kilometer Jalur Gaza timur dengan Israel untuk menuntut hak mereka kembali pulang ke rumah leluhur mereka dalam sejarah Palestina.

Untuk mengantisipasi demonstrasi massa, Israel telah mengerahkan ribuan pasukan di sepanjang jalur perbatasan.

Dinamai Pawai Kepulangan atau “Great March of Return,” protes itu juga dimaksudkan untuk menekan Israel agar mengangkat blokade Gaza yang sudah berlangsung lebih dari satu decade (Middleeastmonitor/i7).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *