Layang-layang Api yang Diterbangkan dari Gaza Bakar Israel

Oleh: Mahmud Mujadelah

Petugas pemadam kebakaran Israel menghabiskan waktu lebih dari 6 jam untuk memadamkan kebakaran pada Rabu sore (02/05), setelah layang-layang api yang diterbangkan dari Jalur Gaza yang terkepung berhasil mendarat di ladang pemukiman Yahudi “Gilav Gaza”, hingga menyebabkan kerugian besar pada ladang gandum.

Api berkobar tepat pada pukul 15.00, membakar lahan pertanian dan hutan di daerah yang berdekatan dengan desa Johr al-Dik di Jalur Gaza, di sisi lain perbatasan keamanan, yang berdekatan dengan kota-kota Israel di sekitar Jalur Gaza.

Media Israel menegaskan bahwa pasukan penyelamat militer milik tentara Penjajah dan tim-tim penyelamat lainnya bergabung dalam proses memadamkan api, yang terus meluas terbawa oleh hembusan angin.

Hari ini, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan memberikan peringatan akan adanya angin kencang yang bisa menyebabkan kebakaran di seluruh negeri. Dinas Meteorologi menggambarkan kondisi cuaca saat ini sebagai “salah satu yang terburuk dari sisi pencegahan dan pengendalian kebakaran”, berbarengan dengan cuaca kering karena sudah lama berlalu hari-hari tanpa turun hujan di daerah itu.

Menurut media Israel, sebuah pesawat layang-layang kertas pembakar yang diterbangkan dari Gaza telah menyebabkan kebakaran. Hampir setiap hari, para pemuda Palestina menerbangkan pesawat layang-layang di sekitar sektor yang terkepung yang diarahkan ke daerah-daerah di sekeliling Jalur Gaza yang terkepung. Layang-layang tersebut yang terbuat dari bahan-baha sederhana  telah membakar Penjajah dan menimnbulkan kerugian yang besar.

Otoritas Penjajah Israel menganggap bahaya jika kasus-kasus ini terus berulang dan hawatir jika penerbangan laying-layang ini terus dilakukan, sebagaimana telah dinyatakan oleh sejumlah petinggi Israel dalam berbagai  kesempatan sebelumnya.

Pesawat layang-layang pembakar adalah salah satu metode yang digunakan oleh para pemuda di Jalur Gaza untuk mengganggu para penembak jitu Israel yang menindas para peserta damai di kamp-kamp dan Pawai Kepulangan, yang telah berlangsung sejak tanggal 30 Maret (i7)

—————

Sumber: www.arab48.com, terbit: 02/05/2018, pukul 20:53.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *