Kotamadya Gaza Selesai Siapkan Lokasi Pawai Kepulangan

Kotamadya Gaza telah menyelesaikan penyiapan lokasi bagi Pawai Kepulangan terbesar di timur Kota itu yang dijadwalkan mulai pada Jumat pagi ini, di semua provinsi Palestina demi mempertegas hak rakyat Palestina untuk pulang kembali ke tanah air yang mereka tinggalkan sejak tahun 1948.

Pihak kotamadya melaporkan bahwa persiapana tersebut termasuk; penyelesaian sekitar 50 dunam (50.000 m2) tanah di daerah itu,  perluasan jaringan listrik dan penerangan, instalasi 24 titik MCK, pemasangan 22 tangki air dengan kapasitas 50 meter kubik dan perluasan jaringan khusus untuk itu, dan penyiapan genset untuk penerangan lokasi jika terjadi gangguan aliran listrik.

Dijelaskan pula bahwa persiapan tersebut mencakup penataan kelompok khusus kebersihan sepanjang hari-H, dan penyiapan ruang khusus bagi para pengawas dan pemantauan perlengkapan.

Pihak-pihak berwenang dari kota-kota lain yang berbatasan dengan Kotamadya kawasan industri di timur Kota Gaza itu telah berjanji untuk menghidupkan suasana di kota itu sepanjang berlangsungnya acara Pawai Kepulangan terbesar. Ini berangkat dari tanggung jawab secara moral dan nasional, dan semangat untuk melayani rakyat yang tinggal di daerah itu.

M. Nizar Hijazi,Walikota Gaza, mengalokasikan sejumlah anggota dewan kotamadya kerja ekstra ke semua unit-unit pelayanannya dan tempat yang dialokasikan khusus bagi pawai kepulangan di timur kota itu.

Komite Koordinasi Pawai Kepulangan  telah mengumumkan bulan Februari lalu, tentang rencananya meluncurkan pawai massa damai kerakyatan pada 30 Maret ini, yang menandai ulang tahun 42 Hari Bumi, tercakup di dalamnya massa pengungsi dari berbagai lokasi pengungsian sementara mereka menuju tanah-tanah Palestina yang dijajah sejak tahun 1948. Ini demi tercapainya hak kepulangan sesuai dengan isi berbagai perjanjian dan resolusi internasional(palinfo/i7).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *