Kongres Nasional Afrika Voting Untuk Lemahkan Hubungan Dengan Israel

aspacpalestine.com – Johannesburg. Partai dari Afrika Selatan, African National Congress (ANC) mengambil suara, untuk mendukung menurunkan hubungan perwakilan diplomatik Afrika selatan dengan Israel, Selasa (4/7/2017). Langkah tersebut sebagai protes terhadap penjajahan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Keputusan tersebut telah dibuat selama konferensi kebijakan nasional ANC. Keputusan tersebut menyerukan langkah ini sebagai “kemenangan besar untuk hak asasi manusia dan untuk rakyat Palestina”, menurut pernyataan yang dirilis oleh cabang Western Cape, ANC, Rabu (5/7/2017).

Resolusi Oliver Tambo (penamaan resolusi setelah tokoh menonjol terhadap anti rasis menjabat sebagai presiden, ANC, antara 1967 dan 1991) menyatakan bahwa tujuan dari pelemahan kedutaan Afrika Selatan untuk Israel adalah, untuk “mengirim sebuah pesan kuat terkait penjajahan Israel yang terus menerus dilakukan terhadap Palestina dan pelanggaran HAM oleh Israel yang terus menerus terjadi kepada rakyat Palestina.”

Dalam sebuah pernyataan yang berkaitan dengan resolusi tersebut, ANC mendeklarasikan “kami tidak memiliki bayangan bahwa Israel dan lobinya akan berusaha menekan ANC, Namun pergerakan kuat ini akan tetap teguh dalam meningkatkan perhatian dan solidaritas

dari masyarakat kami”. “Kami peringati Israel untuk tidak mengintervensi politik dalam negeri kami, tapi bangunlah sebuah perdamaian yang adil dengan orang-orang Palestina”, tambahnya.

 

Sumber: palestinechronicle.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *