Khaled Sambut Keputusan Afrika Selatan Boikot KTT Afrika-Israel

aspacpalestine.com – Palestina. Angota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina & kepala Biro Nasional untuk Pertahanan dan Perlawanan Permukiman, Tayseer Khaled menyambut keputusan Afrika Selatan untuk memboikot KTT Afrika-Israel yang akan diadakan di Lomé, Togo, Minggu terakhir bulan Oktober. KTT tersebut akan membahas mengenai Teknologi Tinggi, Komunikasi, Pertanian, serta Keamanan. Sedikitnya, 15t0 perusahaan Israel bersama dengan perdana menteri Israel, Benyamin Netanyahu menerima sebuah undangan resmi untuk berpartisipasi dalam KTT tersebut. Israel dalam KTT itu, bertujuan untuk menormalisasi hubungannya dengan semua negara-negara Uni Afrika.

Kongres nasional Afrika bulan lalu menyerukan inisiatif untuk memblokir Israel agar tidak mendekati negara-negara Afrika secara umum dan konferensi di Lomé secara khusus. Sikap resmi Republik Afrika Selatan menegaskan solidaritasnya dengan rakyat Palestina, baik masalah-masalahnya maupun perjuangan untuk merebut kemerdekaan. Afrika Selatan juga mengkritik dengan tajam upaya Israel untuk mendapatkan dukungan Afrika.

Dalam konteks yang sama, Khaled mengapresiasi sikap terhormat pemimpin-pemimpin Kongres Nasional Afrika (ANC) di Rebuplik Afrika Selatan. Sikap tersebut menolak menerima delegasi Israel yang berencana mengunjungi Afrika Selatan, dengan tujuan mengadakan pertemuan dengan pejabat-pejabat partai, anggota-anggota pemerintahan dan cicit cucu pemimpin Nelson Mandela.

Khaled menekankan bahwa posisi tersebut benar-benar terhormat serta menjadi saksi persahabatan dan kerja sama yang hebat antara negara-negara Araf-Afrika, Afrika Selatan dan negara-negara afrika di wilayah tersebut. Keputusan tersebut juga memberi jalan bagi anggota-anggota OKI untuk menyatukan sikap melawan KTT Togo dan menghentikan upaya normalisasi dengan Israel di benua Afrika. Sikap menerima dan menormalisasi hubungan dengan Israel, hanya akan mendorong Israel untuk terus menentang hukum internasional serta resolusi Internasional yang berhubungan dengan perkara orang Palestina maupun hak asasi orang Palestina.

 

Sumber: english.pnn.ps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *