Kerem Abu Salem Dibuka Kembali dan Penambahan Perluasan Areal Penangkapan Ikan

Kerem Abu Salem dibuka kembali pasca ditutup selama 45 hari (A.B)

Oleh:  Mohamed Wedd

Pada hari Rabu pagi (15/08), Otoritas Penjajah Zionis membuka gerbang perbatasan Kerem Abu Salem dan mengizinkan masuknya truk-truk pengangkut barang ke Jalur Gaza yang terkepung, sebagaimana telah dimulai juga perluasan bagi areal penangkapan ikan di lautan Gaza.

Ini terjadi di tengah pemberitaan media “Israel” bahwa Hamas dan “Israel” telah mencapai kesepakatan yang akan mencakup gencatan senjata dan kesepakatan “damai” dengan mediasi Mesir.

Berdasarkan keputusan Menteri Keamanan Avigdor Lieberman, berkoordinasi dengan Kepala Staf Angkatan Darat, Gadi Eisenkot, diputuskan untuk membuka Kerem Abu Salem dan memperluas areal penangkapan ikan laut hingga 9 mil lepas pantai, sebagaimana yang telah diumumkan oleh militer “Israel”.

Lieberman mengatakan bahwa kondisi di lapangan akan ditentukan oleh perkembangan, sambil memberi isyarat bahwa dalam kondisi gencatan berjalan sempurna maka akan ada lebih banyak lagi kemudahan.

Pemerintah “Israel” memutuskan pada 10 Juli lalu, menutup Kerem Abu Salem dan melarang masuknya barang-barang ke Gaza atau mengimpor barang apapun dari Jalur Gaza. Mereka juga melarang masuknya gas dan bahan bakar dan memangkas areal penangkapan ikan di lepas pantai Gaza menjadi 3 mil saja.

Sampai di sana, Ketua Persatuan Komite Nelayan, Zakaria Bakar mengatakan bahwa Otoritas Penjajah telah memutuskan untuk menambah area penangkapan ikan menjadi 9 mil dari Wadi Gaza hingga ke perbatasan laut denga Mesir di Selatan Jalur Gaza. Adapun area dari Wadi Gaza hingga perbatasan laut utara diputuskan untuk diperluas hingga 6 mil.

Tindakan “Israel” ini sebelumnya telah didahului oleh rapat sidang penilaian antara Lieberman dan Eisenkot dengan para Petinggi Militer dan Dinas Keamanan, dimana di dalamnya diputuskan untuk membuka gerbang perbatasan dan diperluasnhya daerah penangkapan ikan dalam kondisi berlanjutnya “perdamaian”. Akan dicarikan juga kemudahan –kemudahan lain dalam kondisi berjalannya gencatan senjata secara utuh. (i7)

—————–

Sumber: www.arab48.com, terbit 15/08/2018, jam: 07:12

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *