Kementerian Luar Negeri Israel Larang Masuk Wisatawan Indonesia

 

Oleh:  Hashim Hamdan

Kementerian Luar Negeri Israel baru-baru ini memutuskan untuk melarang masuknya wisatawan dari Indonesia ke negara itu sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Keputusan itu diambil sebagai tanggapan terhadap keputusan Indonesia untuk melarang masuknya wisatawan “Israel” dikarenakan kejahatan yang dilakukan “Israel” di Jalur Gaza.

Perlu dicatat bahwa tidak ada hubungan diplomatik antara Israel dan Indonesia. Setiap tahunnya, “Israel”  memiliki jumlah paling besar dari wisatawan Muslim, diperkirakan mencapai puluhan ribu, tetapi dengan visa khusus.

Pada tahun 2013, telah masuk ke negara Zionis ini sekitar 30.000 wisatawan Indonesia, yaitu tiga kali lebih banyak daripada tahun 2009.

Pihak berwenang Indonesia baru-baru ini memutuskan untuk mencegah masuknya warga negara Israel ke negara ini, sebagai tanggapan atas kejahatan Penjajah terhadap Jalur Gaza.

Menurut koran Yedioth Ahronoth, hubungan ekonomi antara kedua belah pihak terus meningkat, kecuali Indonesia telah memutuskan untuk menutup perbatasannya buat wagra “Israel”.

Surat kabar itu menambahkan bahwa kedua pihak terus melakukan komunikasi diam-diam untuk membatalkan keputusan itu, akan tetapi belum mencapai hasil apa pun. (i7)

—————-

Sumber: www.arab48.com, terbit: 30/05/2018 – jam: 11:51.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *