Kecaman Terhadap Vonis Militer Mesir atas 5 Nelayan Palestina

Jaringan Eropa untuk Advokasi Hak Tawanan Palestina menyampaikan kecamannya terhadap vonis sewenang-wenang yang dikeluarkan oleh mahkamah militer Mesir terhadap lima nelayan Palestina dengan penjara dan denda karena dianggap telah melanggar perairan Mesir.

Sebelumnya pasukan laut Mesir menangkap delapan lima nelayan Palestina pada 30 agustus dengan alasan telah menerobos perbatasan perairan laut Mesir yang berbatasan dengan Gaza dan tanpa ada peringatan sebelumnya. Seperti diketahui oleh pihak pihak Mesir sendiri mengetahui nelayan Palestina tidak memiliki peralatan canggih yang digunakan untuk menentukan posisi mereka di laut dengan akurat.

Sementara pemerintah Mesir selama puluhan tahun menyikapi akan hal ini dengan cara menyampaikan peringatan kepada kapal-kapal yang melintasi perbatasan perairan Mesir. Dan seperti diketahui nelayan Palestina menjauh dari wilayah utara Gaza agar tidak terkena aksi penangkapan atau pembunuhan dari pasukan laut Zionis Israel.

Dalam pernyataan yang disampaikan ketua jaringan itu apa Muhammad Hamdan nelayan Palestina selalu merasa aman di wilayah perairan sebelah selatan Jalur Gaza karena mereka menganggap Mesir adalah negara saudara dan pasukan Mesir adalah pasukan sahabat. Akan tetapi setelah kudeta militer yang terjadi di Mesir terhadap Muhammad Mursi perlakuan pasukan Mesir tidak berbeda dengan perlakuan pasukan penjajah zionis.

Ia hamdan menegaskan, vonis militer tersebut dianggap berbahaya bagi Palestina sebagai bangsa terjajah dan terisolir. Ia juga mengingatkan tentang perlakuan yang sama yang dilakukan oleh zionis terhadap warga Palestina dan vonis yang dikeluarkan oleh mahkamah militer Israel tanpa adanya dakwaan hukum yang jelas.

Jaringan Eropa menegaskan menyerukan kepada pemerintah Mesir untuk membebaskan segera kelima warga Palestina yang semuanya ditahan di penjara Mesir. Mereka juga meminta pemerintah Mesir untuk menghentikan tindakan aksi provokasi terstruktur serta sikap dan kebijakan rasis terhadap warga Palestina.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *