Kapal Swedia Akan Rusak Blokade Gaza

aspacpalestine.com – Gaza. Sebuah NGO dari Swedia telah membeli sebuah kapal baru dengan ukuran 9 Meter. Pembelian kapal tersebut bertujuan untuk berlayar ke Gaza serta merusak blokade di kantong pantai Gaza, lansir Anadolu kemarin.

Juru bicara dari NGO tersebut, Jeanette Escanilla mengatakan bahwa kegiatan penggalangan dana sedang dilakukan di Swedia. Kegiatan tersebut untuk membayar kapal baru serta membeli kapal lainnya untuk berlayar ke Gaza, pada tahun 2018.

Escanilla mencatat bahwa kapal yang mereka beli telah dinamai menurut aktivis Irlandia terkenal dari Irlandia utara, Mairead Maguire. Mairead Maguire adalah pemenang hadiah nobel perdamaian di tahun 1976.

Maguire ikut dalam beberapa pelayaran yang bertujuan merusak blokade Gaza. Maguire berada di kapal Mavi Marmara pada tahun 2010, saat pasukan komando Israel naik ke kapal dan membunuh 9 orang Turki.

Jalur Gaza berada di bawah blokade Israel yang ketat selama 11 tahun berturut-turut. Blokade tersebut didukung oleh mesir dan sebagian masyarakat Internasional. Israel membenarkan bahwa blokade yang dilakukan dan berdalih bahwa ini adalah upaya untuk melawan terorisme orang Palestina.

 

Sumber: middleeastmonitor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *