Kais Saied Presiden Terpilih Tunisia Bersumpah Dukung Perjuangan Palestina

Tunisia – Presiden Tunisia terpilih Kais Saied menegaskan pada hari Ahad malam (13/10) dukungannya untuk perjuangan Palestina.

Saied mengatakan dalam pernyataan pertamanya di mana ia mengumumkan kemenangannya sebagai presiden Tunisia pada putaran kedua pemilihan presiden bahwa ia akan bekerja untuk memberikan dukungan secara adil, terutama terkait masalah Palestina.

Dia menegaskan bahwa masalah Palestina adalah diantara isu utama di tingkat luar negeri, dan dia berharap bahwa bendera Palestina bersebelahan dengan bendera Tunisia.

Dia menegaskan kembali sikapnya dengan menganggap normalisasi dengan entitas Zionis sebagai penghianatan. Sikap itu dinyatakannya dengan tegas dan kuat selama debat bersejarah dengan saingannya Nabil Karawi dua hari sebelum pemilu.

Saied dalam pidatonya dihadapan para pendukungnya  mengatakan: Ini adalah fase bersejarah yang menjadi ispirasi bagi orang lain. Dia menjelaskan bahwa era perwalian Tunisia telah berakhir, dan dikatakannya: “Rancangan kami berdiri di atas kebebasan.”

Dia mengatakan bahwa tujuan luar negeri pertamanya adalah Aljazair, sambil memberikan isyarat bahwa dia berharap akan mengunjungi Libia, dan dia mengucapkan selamat kepada putera-puteri Palestina, sambil menegaskan bahwa negaranya akan melanjutkan komitmennya terhadap hukum dan perjanjian internasionalnya.

Gerakan Perlawanan Islam “Hamas” telah memberi ucapan selamat dan menyambut  Dr. Saied atas kemenangannya dalam pemilu presiden Tunisia.

Hamas dalam pernyataannya menganggap bahwa kemenangan Saied merupakan dukungan yang amat besar bagi masalah Palestina dan keadilan.

Hamas juga memberikan ucapan selamat kepada rakyat Tunisia atas pengalaman demokrasi yang luar biasa ini, yang merupakan harapan dan percontohan bagi semua anak bangsa Umat Islam,  dan mewakili – dengan izin Allah – transisi besar di Tunisia menuju stabilitas dan kemakmuran yang lebih besar.

Calon Presidern Tunisia Kais Saied memenangkan 72,53% suara dalam putaran kedua pemilihan presiden, berdasarkan beberapa jajak pendapat. (i7)

——————

Sumber: www.palinfo.com, terbit: Senin, 14 Oktober 2019, pukul 12.20 pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *