Itani: Dari Agen Israel hingga Seorang Arab Sejati

Menteri Dalam Negeri Lebanon Nouhad Al-Mashnouq mengejutkan warga Libanon dengan pernyataannya kemarin bahwa semua orang meminta maaf kepada aktor dan sutradara Ziad Itani, yang ditangkap atas tuduhan berurusan dengan Israel. Pernyataan ini bersamaan dengan penangkapan atas seorang perwira wanita terkemuka karena dicurigai terlibat dalam fabrikasi tuduhan atas artis Lebanon tersebut.

Al-Mashnouq melalui akun twitternya menyatakan rasa bangganya terhadap Itani dan nasionalismenya yang terbukti kokoh dan hanya satu sambil menambahkan bahwa “Semua warga Libanon memohon maaf kepada Ziad Itani : dan ungkapan tidak bersalahnya masih belumlah cukup.”

Dia menggambarkan Itani sebagai “patriot Arab asli yang tidak meninggalkan kearabannya dan ke-Bairut-annya walau hanya sehari.”

Pernyataan ini bertepatan dengan penangkapan seorang wanita perwira tinggi keamanan pada hari Jumat karena dicurigai terlibat dalam fabrikasi tuduhan berurusan dengan Israel terhadap Itani.

Kantor berita harian prancis mengutip seorang narasumber yang namanya tidak mau disebutkan mengatakan bahwa yang mengadukan kasusnya  Letnan Kolonel Susan El Hajj, mantan direktur Kantor Penegakan Kejahatan Informasi dalam Dinas Keamanan Dalam Negeri, “telah dihentikan sementara menunggu penyelidikan pada hari Jumat siang” berdasarkan referensi pengadilan karena dicurigai “menggunakan pembajak informasi yang mengarahkan tuduhan berurusan dengan gadis Israel terhadap aktor Ziad Itani” yang masih menjalani masa penahanan.

Pada tanggal 23 Oktober, Dinas Keamanan Negara tersebut menangkap Itani karena dicurigai “memata-matai, berkomunikasi dan berinteraksi dengan Israel.” Pada pertengahan Desember aktor muda ini digiring ke pengadilan militer.

Itani adalah aktor Lebanon berusia sekitar empat puluh tahun, telah dikenal sejak bertahun-tahun dalam sebuah drama komik yang membahas sejarah, adat istiadat dan perubahan kota Beirut dalam beberapa dekade terakhir(Aljazeera/i7).

———————

Keterangan foto:

Itani ditangkap November lalu karena dicurigai berurusan dengan Israel (situs jejaring)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *