‘Israel’ Negara Paling Banyak Dikecam PBB Tahun 2018

14/05 2018 – Para aktifis  melakukan unjuk rasa di Brooklyn New York Amerika Serikat atas aksi kekerasan ‘Israel’ di perbatasan timur Jalur Gaza.

‘Israel’ adalah negara yang paling banyak dikecam oleh PBB pada tahun 2018 dimana Majelis Umum PBB telah mengeluarkan setidaknya 20 resolusi terhadap Tel Aviv atas pelanggaran hak asasi manusia, pemukiman ilegal di wilayah Palestina yang dijajah dan penjajahannya yang terus berlanjut di Timur Yerusalem, demikian seperti dilansir oleh kantor berita Anadolu.

Setidaknya ada enam resolusi yang diterbitkan pada akhir November yang dianggap menarik perhatian konflik Israel-Palestina. Sebuah resolusi terpisah yang disahkan pada bulan Desember memperbaharui kecaman atas pengakuan sepihak oleh AS terhadap Yerusalem sebagai ibukota ‘Israel’.

Resolusi-resolusi tersebut yang diterbitkan tahun 2018 lebih jauh lagi telah menyuarakan dukungan bagi upaya yang telah lama terhenti untuk mencapai solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina sementara secara terpisah mengutuk penjajahan ‘Israel’ yang masih terus berlanjut atas Dataran Tinggi Golan Suriah.

Sebuah upaya yang dilakukan AS untuk mengutuk Hamas, yang digambarkannya sebagai “organisasi teroris,” telah gagal mendapatkan dukungan yang cukup dari dalam Majelis Umum PBB.

Resolusi itu dipelopori oleh Nikki Haley, utusan AS untuk PBB yang telah meninggalkan jabatannya. Dikatakannya  bahwa PBB telah mengutuk ‘Israel’ setidaknya 500 kali selama beberapa tahun ini (i7).

——————-

Sumber: www.middleeastmonitor.com, terbit: 31/12/2018, jam: 09:12 malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *