Israel Kurangi Bantuan Keuangan Untuk UNESCO

aspacpalestine.com – Palestina. Israel mengumumkan pengurangan jutaan dolar dalam bantuan anggaran belanja, organisasi PBB untuk Pendidikan, Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO). Langkah tersebut diambil sebagai bentuk penolakan Israel terkait anggapan bahwa Kota Tua di Khalil adalah situs milik Palestina dan pencatuman Khalil ke dalam daftar warisan dunia.

Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu mengatakan bahwa jumlah ini akan digunakan untuk pendanaan museum yahudi serta permukiman yang lain di kota Khalil.

Keputusan tersebut sebagai pembalasan terhadap resolusi UNESCO yang memasukkan kota tua di Khalil, sebagai situs milik Palestina yang masuk ke dalam daftar warisan dunia.

Selama pertemuan pemerintahan Israel, pekan lalu, Netanyahu menyatakan menolak resolusi organisasi internasional tersebut. Netanyahu menggambarkan resolusi tersebut adalah “halusinasi yang baru”.

UNESCO baru-baru ini mengumumkan bahwa Kota Tua di Khalil adalah “daerah yang dilindungi”, serta menganggap situs “sarat nilai-nilai universal yang luar biasa”.

Dewan Pelaksana UNESCO pada tahun 2010 menganggap bahwa masjid suci Ibrahimi di Khalil dan masjid Bilal bin Rabah merupakan bagian dari wilayah Palestina yang dijajah. Selain itu, dewan menolak Israel memasukkan kedua situs tersebut ke dalam daftar warisan yahudi.

 

Source: albaladnews.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *