‘Israel’ Berikan Kekebalan Hukum Kepada Prajurit IDF Yang Membunuh Rakyat Palestina

Oleh: Lulu Basmah

Surat kabar ‘Israel’, Haaretz, mengungkapkan bahwa Militer Israel (IDF) memberikan kekebalan hukum kepada tentara yang membunuh rakyat Palestina. Hal ini dilakukan melalui negosiasi rahasia antara IDF dan Jaksa Penuntut Umum.

Menurut surat kabar sayap kiri ‘Israel’ tersebut, Jaksa Penuntut Umum Militer memberikan kekebalan penuh kepada tentara ‘Israel’ yang terlibat dalam pembunuhan rakyat Palestina dalam konfrontasi atau peristiwa apapun di wilayah Palestina.

Berdasarkan laporan Jaksa Penuntut Militer tahun 2018, maka bagi komandan, prajurit lapangan, intelijen dan unit sniper ‘Israel’ telah dilatih dengan skenario dimana mereka diminta untuk menunjukkan kesadaran akan konsekuensi hukum dari tindakan mereka.

Namun setiap prajurit yang berada dalam bahaya lalu membunuh rakyat Palestina akan diberi kekebalan penuh oleh pengadilan militer.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Palestina mengatakan bahwa kebijakan IDF tersebut sangat membahayakan. Pasalnya, prajurit IDF dapat dengan bebas mengeksekusi mati rakyat Palestina di lapangan.

Kemenlu Palestina juga menuntut Pengadilan Pidana Internasional untuk menangani kebijakan ‘Israel’ ini dengan serius. (LB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *