Irak Hapus Hak Pengungsi Palestina

aspacpalestine.com – Bagdad. Pemerintah Irak berencana untuk mencabut hukum yang memberikan manfaat untuk pengungsi Palestina, seperti kewarganegaraan dan pendidikan gratis di negara tersebut, berita Quds Press, Rabu (20/12/2017).

Sumber Palestina di Irak memperingatkan bahwa Presiden Irak Fuad Masum telah mengeluarkan sebuah hukum mengenai tempat tinggal untuk orang asing di Iraq pada tanggal 2 Oktober. Hukum tersebut akan berlaku pada awal tahun 2018.

Hukum tersebut akan berlaku bagi pengungsi Palestina. Hukum ini membatalkan sejumlah hukum yang diputuskan sebelumnya oleh Dewan Komando Revolusioner, selama era Presiden Saddam Hussein.

Salah satu keputusan yang telah memberikan beberapa manfaat untuk pengungsi Palestina, termasuk dokumen perjalanan, dokumen identifikasi, pendidikan gratis, asuransi kesehatan, tunjangan keuangan dan rumah gratis.

Pengungsi Palestina di Irak mengatakan bahwa pembatalah pendidikan gratis, asuransi kesehatan dan prosedur perjalanan yang sulit merupakan hal yang paling bermasalah untuk para pengungsi Palestina di Irak.

Quds Press mengatakan bahwa sekitar 4000 pengungsi Palestina tinggal di Irak. Jumlah tersebut menurun dari jumlah sebelumnya yang mencapai 30.000 ribu pengungsi sebelum invasi Amerika Serikat pada tahun 2003.

Ratusan pengungsi Palestina saat ini tinggal di kamp pengungsi setelah mereka dilarang memasuki Suriah dan Yordania.

 

Sumber: middleeastmonitor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *