Ikon Foto Demonstran Palestina di Gaza Jadi Viral

Foto demontran Gaza tanpa baju yang telah menjadi viral, dianggap mirip dengan ikon lukisan ‘liberty’ Revolusi Prancis.

Sebuah foto seorang pemuda Palestina yang sedang menggenggam bendera Palestina di satu tangan dan mengayunkan katapel di atas kepala dengan tangan lainnya telah menjadi sumber perhatian dengan membandingkannya mirip ikon lukisan Revolusi Prancis, ‘Liberty Leading the People’.

Diambil pada tanggal 22 Oktober oleh Mustafa Hassouna dari Kantor Berita Anadolu Turki dan diterbitkan oleh Getty Images, foto itu menunjukkan pria itu nampak bangkit dari tengah-tengah aksi demonstrasi terhadap blokade ‘Israel’.

Bendera di satu tangan, dan katapel di tangan lainnya, pemuda Palestina tersebut terlihat sangat kontras dengan demonstran lainnya dan para wartawan yang menggunakan jaket pelindung di belakangnya, dengan latar belakang asap hitam yang berasal dari bakaran ban. Foto ini telah di-tweet lebih dari 5.000 kali.

Laleh Khalili, seorang professor Universitas SOAS, membagikan foto tersebut pada Selasa, dengan komentar:”Anjrit ini foto! Aksi ke-13 untuk memecah blokade Gaza melalui laut.”

Dia menyusulkan tweetnya dengan yang kedua yang berisikan sebuah gambar “Liberty Leading the People” yang dilukis oleh Eugene Delacroix sedang merayakan Revolusi Juli 1830, dan  berhasil mencopot Raja Charles X dari Prancis.

Dalam ikon lukisan itu, seorang wanita yang melambangkan ‘liberty’  memimpin orang-orang ke arah sebuah barikade dan jasad mayat-mayat yang bergelimpangan, sedang menggenggam bendera tiga warna Revolusi Prancis, yang telah menjadi bendera Prancis.

Beberapa pengguna lain juga sepakat dengan perbandingan tersebut.

“Dijepret  dalam perjalanan menyerbu bastille,” komentar Yousef Munayyer, dari Gerakan Kampanye AS untuk  HAM Palestina.

Beberapa yang lainnya mencatat kemiripannya dengan selain Revolusi Prancis, yaitu Daud lawan Goliath and Poseidon, dewa laut yang mendukung orang-orang Yunani melawan Trojan dalam Perang Trojan (i7).

——————

Sumber: www.aljazeera.com/ terbit: 24/10/2018.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *