Idul Adha Membawa Sukacita ke Hati Anak-anak Gaza

 

Hilang sudah kesabaran anak-anak Gaza yang menunggu berlalunya hari-hari menjelang Hari Raya Idul Adha yang penuh berkah ini kala kehidupan di jalan-jalan dan gang-gang merayap menyambut hewan-datangnya hewan kurban dan persiapan untuk penyembelihannya.

Di dalam peternakan anak lembu dan sapi  di kota Khan Younis, ratusan anak berkumpul bersama dengan keluarga mereka saat mereka menonton hewan kurban yang diangkut oleh truk untuk persiapan penyembelihan.

Sambil menatap salah satu sapi, anak bernama Mahmud Najjar bersama saudaranya Suhaib dan adik perempuannya Lian asyik menikmati pemandangan yang mencuri hati dan pikiran mereka.

Pada pagi hari Arafah, warga berduyun-duyun menuju peternakan anak lembu dan sapi untuk menyelesaikan tahap akhir yaitu mengangkut hewan kurban ke rumah mereka dengan menggunakan mobil dan truk khusus.

Di perkampungan bernama Ma’an, sebelah timur Khan Younis, puluhan anak berkumpul di depan salah satu rumah di perkampungan itu untuk menyambut datangnhya sapi milik tetangga mereka Abu Amr.

Saat sapi itu diturunkan,  anak-anak mulai berlarian dan bersorak-sorai tanda bahagia diiringi siulan keras yang memenuhi udara.

Salah satu anak berbisik ke telinga temannya tentang kedatangan sapi lainnya milik seorang tetangga bernama Abu Ahmed. Dan dengan bersemangat anak-anak itu segera menuju ke arah sapi itu untuk menontonnya dan pulang ke rumah untuk mengabarkan orang-orang yang mereka cintai tentang hari meriah yang baru saja mereka lewati.

Anak-anak menyambut Idul Adha dengan berkah dan sukacita, meskipun suasana pedih, tragedi dan pengepungan hampir tidak pernah meninggalkan atmosfer Gaza selama 12 tahun.

Tahun ini, pasar daging dan hewan kurban mengalami penurunan permintaan yang signifikan di Jalur Gaza, dibawah bayang-bayang tingginya harga hewan ternak seiring dengan semakin mendekatnya Hari Raya Idul Adha yang diberkahi, terutama di tengah-tengah menurunnya kondisi perekonomian dan standar hidup mereka. (i7)

—————————-

Sumber: www.palinfo.com, terbit: 20/08/2018, jam: 09:16:58.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *