Hari ke-17 Pawai Kepulangan: 3 korban di Timur Jalur Gaza

Tiga warga Palestina kembali menjadi korban penembakan oleh Penjajah pada hari Ahad sore (15/04) , dalam Pawai Kepulangan Akbar yang masih berlangsung di hari ke-17 secara berturut-turut di timur  Jalur Gaza.

Koresponden “Pusat Informasi Palestina” melaporkan bahwa seorang warga ditembak kakinya, setelah pasukan Penjajah membidik sekelompok pemuda yang melakukan aksi demonstrasi dekat kemah Pawai Kepulangan dekat Khuza’a timur  Khan Younis.  Sementara dua orang lainnya mengalami luka-luka di dekat kamp Kepulangan timur Gaza dan Jabalya.

Menurut beberapa saksi mata, para pemuda hari ini (15/04) mampu menarik sebagian dari pagar (kawat) Zionis yang memisahkan timur Khan Younis, dan menaruhnya di dalam kamp Kepulangan, di ​​dekat lukisan dinding As-syahid jurnalis Yasir Murtaja.

Kamp-kamp Kepulangan yang berdiri di dekat pagar perbatasan timur Rafah,  Khuza’a di Khan Yunis, kamp pengungsi Bureij di tengah, dan perkampungan al-Syujaiya di Gaza, dan  Jabalya di Gaza utara, menyaksikan pengepungan dan aksi setiap hari sejak tanggal 30 Maret lalu, yang diselingi pendindasan Yahudi terhadap para pemuda yang berdemonstrasi di dekat pagar perbatasan.

Sejak 30 Maret lalu, telah syahid 35 orang warga sipil, dan hampir 4.000 orang menderita luka-luka dalam aksi penindasan penjajah terhadap para demonstran damai dekat kamp-kamp Kepulangan yang didirikan dekat pagar perbatasan. Pagaryang memisahkan antara Jalur Gaza dan tanah-tanah jajahan sejaktahun 1948.

Pawai ini mengajak – seperti yang dinyatakan para aktivisnya – untuk diimplementasikan dan dicapainyanya hak Kepulangan bagi rakyat Palestina ke tanah air yang mereka telah diusir darinya. Dan ini sejalan dengan pelaksanaan berbagai resolusi internasional dan berbagai ketetapan PBB yang khusus membidangi kepulangan pengungsi Palestina. Diantaranya adalah resolusi 194 yang memuat hak kepulangan dan  kompensasinya (i7).

—–

Sumber: www.palinfo.com

Terbit: Ahad, 15/04/2018 – 08:26:51 malam

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *