Haley Hapus Hak Kepulangan dan Ragukan Jumlah Pengungsi Palestina

 

Duta Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley, meragukan data sensus PBB terkait jumlah pengungsi Palestina dan menghapuska hak kepulangan, dalam langkah terbaru oleh pemerintahan Presiden Donald Trump, yang berkeberatan terhadap tatacara penyerahan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina.

Dalam sambutannya di “Lembaga Pertahanan Demokrasi”, sebuah lembaga penelitian di Washington yang sering bersimpati terhadap Israel, Haley menyetujui seorang penanya yang menyatakan bahwa UNRWA, Badan PBB yang mengurusi pengungsi Palestina membesar-besarkan jumlah angka pengungsi Palestina.

Amerika Serikat awal tahun ini memangkas bantuannya ke UNRWA menjadi $ 60 juta setelah sebelumnya pernah menjanjikan dana $ 350 juta per tahun.

Haley menyatakan “Kami akan menjadi salah satu donor jika UNRWA melakukan perbaikan atas apa yang diperbuatnya………Jika dia benar-benar mengubah jumlah pengungsi ke angka yang lebih pasti maka kami akan mengkaji kembali partisipasi kami ke dalam lembaga ini.”

UNRWA menyatakan bahwa pihaknya memberikan layanan kepada sekitar 5 juta pengungsi Palestina. Sebagian besar mereka adalah cucu-cucu dari para pengungsi yang terusir dari Palestina saat perang 1948 dimana Israel didirikan di atas reruntuhan bangsa Palestina.

Dalam kasus lain yang menarik, Haley juga mempertanyakan hak kepulangan yang dituntut oleh rakyat Palestina dalam kerangka penyelesaian apapun di masa depan.

Haley ditanya tentang keharusan meniadakan mengangkat isu hak kepulangan, dia menjawab “Saya sepakat dengan hal itu dan saya yakin kita harus membahas ini dalam konteks apa yang terjadi terhadap pengungsi Suriah dan apa yang terjadi di Venezuela.” (i7)

———————

Sumber: www.arab48.com, terbit: 29/08/2018 – 07:31.

, , ,

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *