Hafiz Dari Palestina Dan Mahasiswa Pimpin Tarawih Di Masjid Pekanbaru

aspacpalestine.com – Pekanbaru. Untuk pertama kalinya, Masjid Raya An-Nur milik Pemprov Riau di Pekanbaru menghadirkan imam untuk salat tarawih dari Palestina. Pelaksanaan salat tarawih diiringi pembacaan surat satu juz Alquran setiap malam.

Ketua Umum Pengurus Masjid Raya An-Nur, Faisal Qarim mengungkapkan hal itu, Rabu (31/5/2017). Faisal menjelaskan, imam dari Palestina itu adalah Syeikh Abdurrahman Syahin.

“Imamnya masih muda, usianya baru 26 tahun. Dia hafiz Alquran dan seorang arsitek,” kata Faisal.

Menurut Faisal, imam dari Palestina ini diundang melalui lembaga Sahabat Al-Aqsha sebuah organisasi jaringan relawan Indonesia untuk membantu Palestina.

Kehadiran imam Palestina ini, kata Faisal, lebih pada menjalin persahabatan antara muslim Indonesia dengan muslim Palestina.”Kita juga punya imam yang hafiz quran 30 juz. Tapi kita mendatangkan dari Palestina ini untuk memperkuat silaturahmi dengan umat muslim di Palestina,” kata Faisal.

Karenanya, di Masjid An-Nur juga ada sumbangan dana khusus untuk rakyat Palestina. Begitu juga, imam Palestina sering diajak masyarakat sekitar Pekanbaru yang menyalurkan donasi.

“Kemarin imam Palestina ini diundang masyarakat di Kabupaten Kampar. Masyarakat di sana mengumpulkan dana untuk masyarakat Palestina yang diterima oleh imam Palestina tersebut,” kata Faisal.

Untuk pelaksanaan salat tarawih, kata Faisal, imam Palestina ini akan didampingi imam Masjid An-Nur yakni Imam Shofiyurrohman Al-Murtadho (22). Imam Shofi yang juga mahasiswa kedokteran hafiz Alquran.

“Jadi keduanya bergantian menjadi imam salat tarawih dengan 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir,” kata Faisal.

Pelaksanaan salat tarawih satu malam satu juz, menurut Faisal, memang tidak semua makmum mengikuti sampai selesai. Sebagian lagi usai rakaat 8 tidak melanjutkan sampai ke rakaat ke 20.

“Rata-rata ada 800 jemaah yang salat. Nah sekitar 300-an jemaah saja yang bertahan untuk mengikuti sampai 20 rakaat dengan bacaan satu juz,” kata Faisal.

 

Sumber: news.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *