Guteress Tuntut Israel Angkat Blokade Gaza

aspacpalestine.com – Gaza. Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres menuntut Israel mengangkat blokade yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza, Rabu (30/8/2017). Selain itu, Guterres juga menuntut Israel memperbaiki kondisi kehidupan penduduk Jalur Gaza.

“Gaza menginginkan solusi-solusi untuk masalah-masalahnya, akan tetapi pada saat bersamaan, saya meminta masyarakat internasional dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza dan saya mengatakan bahwa kondisi kesulitan di Jalur Gaza benar-benar tragis”, ucap Guterres dalam konferensi pers yang diadakan di sekolah dasar pengungsian Halb, di Bait Lahiya, bagian utara Jalur Gaza. Guterres mengumumkan bahwa bantuan untuk Jalur Gaza sebesar 4 juta dolar untuk petugas UNRWA dan program-program daruratnya.

Dia menyatakan kebanggaanya untuk pekerjaan yang dilaksanakan oleh staff PBB dalam kondisi parah yang berlangsund di Jalur Gaza. Dia menunjukkan bahwa solusi-solusi masalah penduduk Gaza bukanlah kemanusiaan, tetapi membutuhkan persatuan. Selasa (29/8/2017), saya berada di Ramallah dan saat ini  berada di Gaza, dua wilayah ini adalah Palestina. Untuk itu, saya menekankan persatuan dalam garis yang telah ditetapkan oleh organisasi pembebasan Palestina.

Guterres tiba di Gaza pada hari Rabu (30/8/2017). Guterres datang ke Gaza didampingi oleh Riyad Mansur (wakil Palestina di PBB) dan Pierre Krhenbull (Komisaris Tinggi “UNRWA”). Guterres datang ke Gaza dalam sebuah kunjungan singkat melewati gerbang Bait Hanun (Erez), bagian utara Jalur Gaza.

 

Sumber: wafa.ps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *