Gerbang Perbatasan Rafah Buka Dua Arah Selama Tiga Hari

Kedutaan Palestina di Kairo mengumumkan bahwa Pihak berwenang Mesir telah menyetujui dibukanya gerbang perbatasan Rafah selama tiga hari, mulai hari ini Kamis dan berakhir Sabtu.

Pihak Kedutaan kemaren (10/04) telah mengundang mereka yang ingin melakukan perjalanan ke Gaza untuk mendaftar melalui nomor telepon (01229309930, 01021948808) ke Perwakilan Kedutaan Khaled Attia, untuk tujuan menyiapkan daftar nama, sebagai persiapan untuk penyelesaian prosedur perjalanan ke Gaza.

Ada ribuan pasien, mahasiswa, dan para pemilik izin tinggal di negara-negara asing telah menunggu dibukanya gerbang perbatasan itu agar mereka bisa melakukan safar dari Jalur Gaza. Dan biasanya masa yang telah diberikan Pihak Mesir untuk membuka gerbang perbatasannya itu tidaklah cukup bagi keseluruhan orang yang ingin melintasinya.

Gerbang perbatasan Rafah menghubungkan Jalur Gaza dengan Mesir, dan Pemerintah Mesir menutupnya secara hampir permanen sejak Juli 2013 karena alasan yang digambarkannya sebagai “keamanan”, dan dibuka dalam masa yang relatif lama untuk alasan perjalanan kasus-kasus kemanusiaan.

Gerbang perbatasan tersebut saat ini dikelola oleh Pemerintah Rekonsiliasi Palestina, yang diterimanya November lalu dari Hamas, sesuai dengan perjanjian rekonsiliasi yang ditandatangani di Kairo pada 12 Oktober tahun lalu (i7).

—-

Sumber: www.arab48.com

Terbit: 11/04/2018 – 12:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *