Euro Meditarinea Khawatirkan Bencana Kemanusiaan di Gaza

Lembaga HAM Eropa mengkhawatirkan terjadinya bencana kemanusiaan di Gaza ditengah krisis bahan bakar dan minimnya pelayanan kepada masyarakat Palestina. Kondisi ini akan memicu krisis kemanusiaan dan lingkungan yang akan melumpuhkan sendi-sendi kehidupan di Gaza, ungkapnya.

Ketua Euro Meditarinea dalam pernyataan persnya, 5/7) mengatakan, sejumlah peristiwa di Gaza merupakan peringatan atas terjadi sejumlah bencana kemanusiaan yang harus segera direpon untuk secepatnya memberikan bantuna guna menyelamatkan satu juta setengah warga yang tinggal di Gaza.

Krisis bahan bakar beberapa saat saja di rumah sakit berakibat pada berhentinya pelayanan kesehatan. Selain itum krisi bahan bakar akan berpengaruh bagi para nelayan yang mata pencaraharian hidupnya mengandalkan menangkap ikan di laut.

Berhentinya pelayanan listrik berakibat pada sejumlah sektor kehidupan, seperti kesehatan, air bersih, makanan transfortasi dan lain-lainya, akibatnya Gaza diambang krisis multi dimensi. Sementara itu, kebutuhan gas rumah tangga di Gaza terus mengalami kenaikan. Setiap harinya warga Gaza membutuhhan 250 ton. Sementara yang tersedia hanya 130 ton perhari.

Oleh karena itu, ketua Yayasan Euromed ini menghimbau masyarakat internasional cepat bergerak mehebalititas permasalahan krisis di Gaza, dengan menekan Zionis agar mau membuka seluruh perlintasanya untuk tujuan kemnusiaan (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *