Erdogan: Turki Tidak Akan Pernah Menerima ‘Kesepakatan Abad Ini’

Ankara – Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan menegaskan penolakan  negaranya yang sangat tegas terhadap rencana Amerika untuk melikuidasi permasalahan Palestina, yang dikenal sebagai “Kesepakatan Abad Ini”.

“Tidak mungkin bagi Turki untuk menerima rencana perdamaian Amerika di Timur Tengah dengan positif,” kata Erdogan dalam sebuah pernyataan pers tadi malam (30/06).

Sebelumnya Presiden Turki ini telah berjanji bahwa negaranya tidak akan membiarkan diterapkannya rencana Amerika, yang dianggap bermaksud memecahbelah kawasan tersebut.

Sejak masuk dalam pertarungan merebut kursi kepresidenan dalam pilpres 2016, presiden AS ini telah berjanji untuk menjadikan konflik Palestina – ‘Penjajah Zionis’ sebagai salah satu prioritas utama pemerintahannya jika ia menang. Sementara ditegaskan bahwa staf-stafnya terus bekerja untuk meletakkan rencana perdamaian yang kemudian disebutnya dengan nama “Kesepakatan Abad Ini”.

Sejak diumumkannya perihal terkait persiapan  “Kesepakatan Abad Ini”, pemerintahanTrump, yang dalam hal ini dibantu oleh penasihat sekaligus menantunya, Jared Kushner, masih belum mengungkapkan rincian dari inisiatif ini, yang menimbulkan banyak spekulasi dan isu yang tersebar luas di seputarnya. (i7)

——————

Sumber: www.palinfo.com, terbit: Senin, 1 Juli 2019 pada 10:26:15 pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *