Seruan di AIPAC untuk Dukung Saudi dan Emirat

Pimpinan Konferensi Para Pemuka Organisasi Yahudi Amerika, Stephen Greenberg menyerukan Komite Hubungan Masyarakat Amerika-Israel (AIPAC) untuk mendukung Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan para pemimpin Uni Emirat Arab.

Dalam pidato yang disampaikan pada konferensi AIPAC – lobi Amerika yang mendukung Israel – di Washington Greenberg mengatakan bahwa dia telah mengunjungi kedua negara (Arab Saudi dan Emirat) dan memuji para pemimpin Emirat atas apa yang dia gambarkan sebagai toleransi dan komitmen mereka dalam memerangi terorisme.

Dia juga meminta AIPAC untuk mendukung upaya pangeran mahkota Saudi dalam melakukan perubahan di kerajaannya, dengan mengatakan bahwa telah berlangsung perubahan yang nyata di dalam kerajaan dan harus mendapatkan dukungan.

Berbicara di sela-sela konferensi tersebut, Danny Ayalon, mantan wakil menteri luar negeri Israel, mengatakan bahwa dia memiliki hubungan baik dengan para pemimpin Saudi.

Ayalon menambahkan bahwa ada banyak kesamaan antara Israel dan Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrain, terutama yang terkait dengan perlawanan ternadap pengaruh Iran di kawasan ini dan Ayalon mengatakan bahwa Iran adalah “musuh kita bersama.”

Bertentangan dari pujian yang diberikannya terhadap Arab Saudi, Menteri Pendidikan Israel Naftali Bennett menekankan dalam pidato itu akan pentingnya mencegah Arab Saudi untuk memiliki kekuatan nuklir, mengacu pada upaya Riyadh yang sedang berupaya membangun reaktor nukli (Aljazeera/i7).

——-

Keterangan foto:

Presiden Guatemala berbicara dalam konferensi AIPAC di Washington yang dihadiri para pejabat dari AS dan luar negeri (Reuters).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *