Penjajah Ledakkan Rumah As-Syahid Umar Abu Layla

Oleh: Lulu Basmah

Pasukan Penjajah Israel (Israel Defence Forces / IDF) meledakkan rumah keluarga Umar Abu Layla di desa El-Zawiyah, provinsi Silfit, Rabu pagi, (24/4) waktu setempat. Demonstrasi juga sempat meletus di lokasi antara pemuda setempat dan IDF.

Belasan pasukan Israel menyerbu desa El-Zawiyah dengan buldoser. Mereka terlibat bentrok dengan pemuda setempat yang berupaya melarang IDF masuk.

Saksi menerangkan bahwa Israel melepaskan gas dan bom suara ke arah awak media yang meliput di lokasi.

Pasukan Israel tersebut kemudian mengepung dan mengusir keluarga Abu Layla dari rumah tersebut. IDF lalu memasang alat peledak serta meledakkan rumah tersebut 6 jam kemudian.

Kepala Desa El-Zawiyah, Nua’im Shaqer, menerangkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan sejumlah yayasan akan membangun kembali rumah keluarga Umar Abu Layla.

“Israel boleh meratakan rumah kami namun mereka tidak akan mampu menghancurkan semangat kami. Sejak Umar syahid, pasukan Yahudi itu berkali-kali mendatangi dan mengancam kami. Hari ini mereka datang dan menghancurkan rumah kami,‘’ terang Amin Abu Layla, ayah dari Umar Abu Layla.

Sejak Maret lalu, IDF sudah mengancam akan menghancurkan rumah keluarga tersebut, akibat aksi penikaman yang dilakukan Umar di dekat pemukiman ilegal Israel, Tepi Barat. Seorang pemukim ilegal Israel dan dua lainnya terluka dalam aksi tersebut.

Umar syahid pada 19 Maret lalu, dalam kontak senjata dengan pasukan IDF di desa Abwain, dekat Ramallah. Hingga saat ini pihak Israel masih menahan jasadnya. (LB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *