New York Times: Dana $40 Miliar Untuk 3 Negara Arab Sesuai ‘Kesepakatan Abad Ini’

Koran New York Times telah menyingkap tiga negara Arab yang dapat memperoleh $40 milyar sebagai bagian dari ‘Kesepakatan Abad Ini’ atau ‘Deal of the Century’ Amerika, sedangkan Tepi Barat yang dijajah dan Jalur Gaza dapat meraih peluang investasi senilai $24 milyar untuk masa 10 tahun, demikian seperti dilansir oleh koran New York Times.

Sumber yang belum terkonfirmasi menjelaskan Mesir, Yordania dan Lebanon akan mendapat manfaat dari dana tersebut sebagai bagian dari kesepakatan yang telah disebut-sebut oleh pemerintah AS sebagai perjanjian yang akan mengakhiri konflik Palestina-Israel yang telah berusia 70 tahun. Meskipun AS akan mendanai sebagian dari pencairannya, sebagian besar uang itu akan diambil dari pundi-pundi negara-negara Teluk Arab yang kaya raya, tambah laporan itu.

Rincian tersebut telah terungkap ketika penasihat dan menantu Presiden AS Donald Trump Jared Kushner sedang melakukan tour ke Timur Tengah dalam upaya untuk menggalang dukungan bagi kesepakatan tersebut termasuk kunjungan ke Uni Emirat Arab, Bahrain, Oman, Arab Saudi, Qatar dan Turki.

Namun banyak yang mempertanyakan apakah negara-negara Arab akan mendukung kesepakatan yang tidak secara eksplisit melibatkan negara Palestina yang berdaulat (i7).

————————–

Sumber: www.middleeastmonitor.com, terbit: 02/03/2019, jam: 12: 59 siang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *