Menlu: Inggris Tidak Akan Dukung Aneksasi Tepi Barat

 

London – Inggris tidak akan mendukung aneksasi Penjajah Zionis atas beberapa bagian Tepi Barat karena itu akan membuat solusi dua negara dengan Palestina menjadi lebih sulit dicapai, kata Menlu junior Inggris James Cleverly, Senin (11/05).

Menlu AS Mike Pompeo mengatakan terserah kepada Penjajah Zionis apakah akan mencaplok beberapa bagian Tepi Barat.

Tapi Cleverly mengatakan kepada parlemen: “Sikap sejak lama kita adalah bahwa kita tidak mendukung aneksasi beberapa bagian Tepi Barat, dan … melakukan hal itu dapat membuat solusi dua negara yang berkelanjutan menjadi lebih sulit.”

Sementara itu, Prancis mendesak negara-negara Uni Eropa untuk mempertimbangkan mengancam Penjajah Zionis dengan tanggapan yang keras jika Penjajah Zionis terus maju dengan aneksasi de facto beberapa bagian Tepi Barat yang diduduki, kata tiga diplomat Uni Eropa.

Belgia, Irlandia dan Luksemburg juga ingin membahas kemungkinan pengambilan tindakan ekonomi hukuman selama pertemuan menteri luar negeri pada hari Jumat, kata para diplomat tersebut kepada Reuters, meskipun semua negara anggota harus menyepakati tindakan kolektif apa pun yang diambil.

Perdana Menteri Penjajah Zionis Benjamin Netanyahu mengatakan diskusi kabinet akan dimulai Juli bagi memperluas kedaulatan Penjajah Zionis ke beberapa pemukiman Yahudi dan Lembah Jordan di Tepi Barat, seperti yang dibahas  dalam rencana perdamaian Timur Tengah Presiden AS Donald Trump.

Rakyat Palestina telah mengungkapkan kemarahannya atas rencana Penjajah Zionis memperkuat cengkeramannya lebih jauh lagi ke tanah yang direbutnya dalam perang Timur Tengah 1967, teritorial yang mereka cari-cari untuk dijadikan negara.

Para diplomat UE tidak memberikan perincian tentang langkah-langkah hukuman apa yang mungkin dipertimbangkan oleh negara-negara anggota UE untuk mencoba menghalangi Penjajah Zionis  dari mengambil langkah tersebut.

Dalam hal prosedur, pemerintah UE perlu meminta Komisi dan divisi kebijakan luar negeri UE, EEAS, untuk menyusun daftar pilihan.

Ke-27 negara Uni Eropa harus menyetujui tanggapan apapun Uni Eropa dan termasuk beberapa negara sekutu terdekat Penjajah Zionis seperti Hongaria dan Republik Ceko memiliki peluang untuk dapat memblokir meski hanya kerja persiapannya.

Seorang juru bicara UE pada hari Senin menolak untuk mengomentari diskusi internal tetapi mengatakan: “aneksasi adalah bertentangan dengan hukum internasional dan jika aneksasi terjadi , maka UE akan mengambil tindakan yang pantas.”

Penjajah Zionis telah lama menjadi bagian dari program penelitian dan inovasi UE Horizon 2020, yang bernilai hampir € 80 miliar antara 2014 dan 2020, menurut Komisi Eropa. UE juga merupakan mitra dagang utama Penjajah Zionis dan negara Zionis ini diuntungkan dari preferensi perdagangan dengan blok perdagangan terbesar di dunia ini.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan pada bulan Februari rencana Trump berangkat dari “parameter yang disepakati secara internasional.” Borrell mengatakan bahwa langkah-langkah untuk mencaplok wilayah Palestina, “jika diterapkan, tidak dapat dilalui tanpa mendapatkan penentangan.”

Itu adalah pandangan yang diambil oleh Perancis, Belgia, Luksemburg dan Irlandia, menurut para diplomat UE.

“Jelas ada kebutuhan untuk melihat apa makna aneksasi dalam konteks hukum internasional dan kami benar-benar perlu mengetahui opsi bagi kami,” kata seorang diplomat senior Uni Eropa yang terlibat dalam diskusi.

“Kita juga perlu mengatakan apa sebenarnya konsekuensi dari aneksasi itu idealnya sebagai cara untuk menghentikan langkah semacam itu,” kata diplomat itu.

Palestina dan banyak negara menganggap pemukiman Tepi Barat sebagai ilegal di bawah Konvensi Jenewa yang melarang pemukiman di tanah yang direbut dalam perang. Penjajah Zionis membantah hal ini, dengan berdalih pada kebutuhan keamanan dan hubungan kitab suci, sejarah dan politik  terkait dengan tanah tersebut.

——————

Sumber: www.arabnews.com, terbit: 12 Mei 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *