Kereta Gantung Zionis di Kota Baitul Maqdis: Apa Tujuan dan Cara Menggagalkannya?


Al-Quds International Foundation telah menerbitkan dokumen sikap dengan tema “Kerusakan Langit Kota Baitul Maqdis: Proyek Pemerintah Penjajah Zionis untuk membuat Kereta Gantung di sekeliling Kota Tua Baitul Maqdis.”

Dokumen penelitian tersebut bertujuan untuk menjelaskan latar belakang proyek kereta gantung, jalur dan detail teknisnya, dan menilai dampaknya terhadap kota Baitul Maqdis, simbol keagamaannya dan sejarahnya, dan keunikan warisan manusia yang tersimpan dalam arsitektur dan permadaninya.

Dokumen penelitian – yang disusun oleh Ziad Bahis, seorang peneliti bidang kota Baitul Maqdis yang tinggal di Yordania – berakhir dengan rekomendasi beberapa cara yang tersedia untuk berinteraksi dengan proyek ini.

Dokumen tersebut menyinggung tanggal peluncuran proyek Zionis ini bermula pertama kalinya pada tahun 2007 dalam skema perencanaan “Baitul Maqdis Lama”, yang bertujuan agar tercapai integrasi antara pemerintah Penjajah Zionis dengan beberapa organisasi pemukiman Zionis sayap kanan.

Kemudian dikembangkan untuk dipresentasikan pada tahun 2013 di hadapan komite perencanaan, tetapi tidak mendapat persetujuan kala itu. Untuk alasan ini, dilakukan amandemen undang-undang yang membuatnya sebagai proyek yang memiliki prioritas nasional yang ditetapkan pada tahap pertama pada bulan Januari tahun ini. Kemudian komite dari Kementerian Perumahan menyetujuinya pada bulan lalu setelah penundaan akibat adanya krisis politik yang melanda negara Penjajah Zionis(i7).

——————

Sumber: www.aljazeera.net/alquds, terbit: 11 Desember 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *