Jumat ke-73 Aksi Pawai Kepulangan: Dua Syahid dan Puluhan Luka-luka Gaza

JGaza – Dua warga Palestina telah syahid dan puluhan lainnya lainnya menderita luka-luka pada hari Jumat (08/09) oleh tembakan pasukan Penjajah Zionis di Jumat ke-73 Pawai Kepulangan dan Pemecah Blokade di Jalur Gaza timur.

Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan syahidnya Ali Sami Ali Ashqar (17 tahun), di Jalur Gaza utara, sementara Khaled Abu Bakr al-Rubai (14 tahun), di bagian timur Kota Gaza.

Kementerian juga mengumumkan 76 orang  lainnya mengalami luka-luka, 46 di antaranya disebabkan oleh oleh tembakan peluru senjata api.

Ada ribuan warga Palestina yang turut serta dalam aksi Jumat yang  mengusung tema “Lindungi Front Internal” di Jalur Gaza timur.

Komite Tinggi untuk Pawai Kepulangan dan Pemecah Blokade menyerukan rakyat Palestina untuk berpartisipasi dalam berbagai aksi tersebut “dalam rangka menghadapi kekacauan dan pengerusakan, dan sebagai penegasan kesatuan barisan nasional.

Ditegaskannya bahwa keamanan Gaza dan perlindungan terhadap Front Internal adalah garis merah yang tidak boleh seorangpun untuk melintasinya.

Ditekankannya bahwa keberlanjutan Pawai Kepulangan dan Pemecah Blokade di Jalur Gaza, “akan terus menjadi duri bagi penjajah, dan pengusung persatuan, dan perangkat bagi perubahan masyarakat luas dalam menghadapi langkah-langkah penjajahan.”

Pawai Kepulangan telah dimulai sejak tanggal 30 Maret 2018, bertepatan dengan Hari Bumi, dan peresmian lima kamp darurat di dekat pagar keamanan, yang memisahkan Gaza dari bagian lain dari wilayah Palestina yang berada dalam penjajahan.

Sejak diluncurkannya, Pawai Kepulangan telah mengantarkan syahidnya 327 warga Palestina, 16 diantaranya masih ditahan jasadnya dan belum masuk Kementerian Kesehatan Palestina. Sementara 31 ribu orang lainnya menderita luka-luka, 500 diantaranya dalam kondisi gawat darurat, dikarenakan para peserta Pawai Kepulangan tersebut menjadi target dan obyek penindasan di Jalur Gaza. (i7)

——–

Sumber: www.palinfo.com, terbit: 9 September 2019, jam: 09: 11 pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *