‘Jihad Islami’: Muhammad Mursi Habiskan Hidupnya Bela Palestina

Gaza – Gerakan ‘Jihad Islami’ di Jalur Gaza menggambarkan mantan presiden Muhammad Mursi sebagai sosok yang telah menghabiskan hidupnya demi membela permasalahan umat, terutama masalah Palestina dan Baitul Maqdis (Yerusalem).

Melalui situs resminya, gerakan tersebut menyatakan bahwa gerakan ‘Jihad Islami’ di Palestina menyampaikan belasungkawa yang dalam kepada Umat Islam secara umum dan kepada bangsa Mesir secara khusus dan kepada keluarga Dr. Muhammad Mursi, atas wafatnya mantan presiden Mesir ini.”

Pernyataan itu menyatakan bahwa: “Beliau telah menghabiskan hidupnya membela berbagai permasalahan Umat Islam terutama masalah Palestina dan Baitul Maqdis (Yerusalem), dan mengatasi agresi penjajah Zionis terhadap Jalur Gaza pada tahun 2012.”


Televisi pemerintah Mesir pada hari Senin (17/06) telah mengumumkan wafatnya mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi saat sedang menghadiri persidangan, dan menyatakan bahwa Mursi pingsan setelah sesi persidangan lalu meninggal dunia.


Presiden Mursi telah memperingatkan saat persidangannya pada 7 Mei lalu bahwa hidupnya berada dalam bahaya, tetapi dia tidak dapat memberikan rincian penjelasannya lebih jauh.


Mursi adalah presiden sipil pertama di Mesir selama lebih dari enam dekade. Dia terpilih menjadi presiden pada tahun 2012, tetapi pihak militer yang dipimpin oleh Abdul Fattah Sisi menggulingkannya dalam kudeta militer pada 3 Juli 2013, dan sejak saat itu dia dipenjara dalam kondisi yang kejam dan kekerasan yang berlebihan.


Banyak yang sudah memperingatkan tentang ancaman nyawa yang dihadapi Mursi di dalam penjara Sisi. Banyak juga yang telah meminta agar dia diperlakukan paling tidak seperti yang dilakukan terhadap Presiden Mohamed Hosni Mubarak yang dilengserkan. Namun sayang otoritas berwenang di Kairo tidak mengindahkan permintaan tersebut. (i7)

—————-

Sumber: www.palinfo.com, terbit:  Selasa, 18 Juni 2019 pukul 8.20:41 pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *