Fraksi-faksi Palestina, Selain Fatah, Desak Rekonsiliasi

Pertemuan antar berbagai faksi di Gaza (Arsip foto Middle East Monitor)

Beberapa faksi politik Palestina pada hari Selasa (28/08) menyerukan implementasi cepat atas berbagai kesepakatan rekonsiliasi di masa lalu antara Fatah dan Hamas, yang paling terakhir yang ditorehkan Oktober lalu di Kairo.

Seruan itu dibuat dalam pernyataan bersama yang ditandatangani oleh Hamas (yang menguasai pemerintahan Jalur Gaza); Jihad Islam; Front Populer untuk Pembebasan Palestina; Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina; Partai Fida; Partai Rakyat Palestina; dan Inisiatif Nasional Palestina.

Khususnya, Fatah – saingan Hamas yang berbasis di Tepi Barat – menolak untuk menandatangani pernyataan itu, di mana para penandatangannya menegaskan: “kebutuhan mendesak untuk mencapai persatuan nasional”.

Para penandatangan juga menyerukan dihentikannya “retorika provokatif yang mendorong keretakan antara – pihak Palestina dan menghalangi rekonsiliasi yang murni”.

“Sudah waktunya untuk menyembuhkan keretakan nasional dan memikul tanggung jawab moral untuk mencari solusi atas keluhan rakyat kita dan menghentikan penindasan penjajahan “Israel” terhadap rakyat kami,” kata pernyataan itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, Hamas telah mempertimbangkan proposal – yang diajukan oleh Mesir dan PBB – untuk sebuah rekonsiliasi antara –pihak Palestina, gencatan senjata Hamas-Israel, dan proyek-proyek kemanusiaan di Jalur Gaza yang diblokade.

Perjanjian rekonsiliasi Hamas-Fatah sebelumnya telah gagal membuahkan hasil karena perbedaan yang sedang berlangsung antara kedua faksi (i7).

———————

Sumber: www.middleeastmonitor.com, terbit: 28/08/2018,  jam 06:30 sore.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *