Di Hari Raya Turunnya Taurat: Pemukim Yahudi Serbu Al-Aqsa


Puluhan pemukim Yahudi pada hari Ahad (09/06) menyerbu halaman Masjid Al-Aqsa yang diberkahi di kota Baitul Maqdis (Yerusalem), sebagai respon atas ajakan dari beberapa kelompok dan organisasi Al-Haikal untuk merayakan hari “turunnya Taurat”, atau apa yang mereka sebut sebagai “Sahvuot.”

Pihak kepolisian penjajah Zionis bersama pasukan khususnya turun untuk melindungi lebih dari 200 pemukim Yahudi yang melakukan gerakan berkeliling pada pagi hari untuk menyerbu masjid Al-Aqsa yang diberkahi.

Kelompok-kelompok dan organisasi Al-Haikal tersebut meminta para pendukungnya dari kalangan pemukim Yahudi untuk menyerbu Masjid Al-Aqsa secara kolektif dan intensif pada hari raya (turunnya Taurat) ini.

Di sisi lain, para aktivis Palestina, melalui berbagai situs jejaring sosial, menyerukan kepada siapa saja yang mampu mencapai Masjid Al-Aqsa agar berupaya keras menuju ke sana dan menentang serangan kelompok-kelompok dan organisasi Yahudi ini.

Hari raya turunnya Taurat  merupakan bagian dari hari raya haji yang tiga bagi kaum Yahudi, dimana ini terkait dengan hari-hari Al-Haikal sesuai teks-teks Taurat yang tertulis, oleh karena itu para penganut Yahudi ini mengaitkannya secara langsung dengan Masjid Al-Aqsa.

Pada setiap tahunnya ribuan pemukim Yahudi berkumpul di pagi hari pada hari raya turunnya Taurat di dinding Al-Buraq, sambil melafalkan Taurat dan Mazmur dengan suara yang tinggi.

Sumber: www.aljazeera.net/alquds, terbit: 09/06/2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *