Dukung Palestina: Malaysia Bersikeras Larang Masuk Atlet “Israel”

Kuala Lumpur – Malaysia pada hari Rabu (16/01) menegaskan pihaknya masih tetap melarang masuknya atlet “Israel” ke dalam negara itu. Ditegaskan pula bahwa Malaysia tidak akan pernah menjadi tuan rumah acara apapun di mana “Israel” turut serta di dalamnya dikarenakan sikapnya yang mendukung perjuangan Palestina.

Menteri luar negeri Malaysia mengatakan negaranya tidak akan mundur dari keputusannya untuk memberlakukan larangan atlet “Israel” memasuki negara itu untuk kejuaraan renang internasional dan memutuskan untuk tidak menjadi tuan rumah acara apapun yang melibatkan warga “Israel” di masa mendatang.

Patut dicatat bahwa Malaysia adalah negara yang mendukung perjuangan Palestina, dan tidak menjalin hubungan diplomatik dengan “Israel”.

Pemerintah “Israel” mengatakan dua perenang “Israel” tidak akan dapat berpartisipasi dalam Kejuaraan Renang Dunia Paralympic yang akan diadakan pada bulan Juli mendatang, dimana para pemenangnya akan memenuhi syarat untuk ikut dalam Paralympic Games Tokyo 2020.

Saifuddin Abdullah, Menteri Malaysia tersebut mengatakan hari ini (16/01), menurut “The Associated Press” bahwa pemerintah telah menegaskan pekan lalu lalu tidak ada lagi kemungkinan bagi delegasi “Israel” untuk memasuki negara itu untuk berpartisipasi dalam olahraga atau acara lainnya.

Dia mengatakan bahwa pemerintah telah memutuskan untuk tidak menjadi tuan rumah acara apapun selainnya yang melibatkan “Israel”  dengan maksud menegaskan sikap kami yang tegas terhadap permasalahan Palestina. (i7)

————:
Sumber: www.palinfo.com, terbit: 16/01/2019, jam 09:55:51 pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *