Dubes Amerika Terima Gambar Sinagog yang akan Dibangun di atas Masjid Al-Aqsha

Oleh: Lulu Basmah

Saluran TV10 Israel pada Selasa (22/5/2018) malam mempublikasikan sebuah foto duta besar AS untuk Israel, David Friedman, yang menerima gambar kota al-Quds atau Yerusalem. Dalam gambar tersebut nampak sinagog Yahudi yang dibangun di atas lokasi Masjid Suci Al-Aqsha.

David Friedman dikenal sebagai pendukung pemukim ektrimis Yahudi. Foto Friedman tersebut menunjukkan bahwa dia sedang menerima gambar sinagog dari salah satu organisasi ektrim Zionis dan nampak senyuman dan kebahagiaan di wajahnya.

Media Israel mengomentari foto tersebut dengan mengatakan bahwa itu termasuk foto yang tidak biasa bagi diplomat Amerika yang sedang tersenyum, seakan puas dengan gambar sinagog yang akan menggantikan posisi Masjid Al-Aqsha. Komentar media Israel menyatakan bahwa senyum tersebut mencerminkan persetujuan jelas dari Friedman terhadap apa yang ada di dalam gambar tesebut.

Sementara itu juru runding Otoritas Palestina, Shaeb Urekat mengomentari foto tersebut bahwa sikap dubes Amerika yang menerima gambar tersebut adalah perilaku kasar.

Urekat menilai, sama artinya Dubes Amerika tersebut menyetujui sinagog Yahudi menggantikan Masjid Al-Aqsha berikut dampak kehancuran Kubah Ash-Shakhrah dan Masjid Al-Aqsha.

Dia menilai ini adalah kejahatan pertama terhadap kiblat pertama umat Islam dan yang melakukan ini benar-benar telah merubah konflik menjadi konflik agama murni. (LB)

, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *