Dikunjungi Erdogan, Paus Serukan Pelestarian Yerusalem

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, diketahui bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Senin (05/02/2018). Disebutkan, keduanya menegaskan urgensi melestarikan status Yerusalem berdasarkan resolusi-resolusi internasional terkait. Selain itu, mereka juga membagas fenomena permusuhan terhadap Islam di Barat. Erdogan dan Paus juga membahas permasalahan terorisme dan Islamofobia dan kerja sama seluruh negara untuk memberantasnya.

 

Kunjungan Erdogan ini merupakan kunjungan Presiden Turki ke Vatikan pertama sejak 59 tahun. Erdogan merasa bersyukur bisa bertemu dengan Paus dan pejabat Vatikan. Mereka juga menegaskan dukungan pada Turki untuk melestarikan status kota Yerusalem.

 

Sementara menurut sumber dari kepresidenan Turki, kedua negara sepakat untuk melanjutkan upaya-upaya diplomatik guna mempertahankan status Yerusalem.

 

Selain juga menekan AS dan negara lain agar tidak memindahkan kedutaannya. Sedangkan dalam pernyataan resmi Vatikan disebutkan, Erdogan dan Paus bermusywarah terkait permasalahan Yerusalem. Mereka menegaskan urgensi memperkuat perdamaian dan stabilitas di Kawasan melalui dialog yang menghormati hak asasi manusia dan hukum internasional. 

 

 

Lebih lanjut, Paus juga menegaskan sikapnya yang menentang keputusan Washington terkait pengakuan Yerusalem sebagai ibukota bagi Israel, serta pemindahan kedutaannya kesana. Selain Yerusalem, Erdogan dan Paus juga membahas fenomena Islamofobia yang marak di Barat. Disebutkan, keduanya menyepakati langkah bersama untuk melakukan upaya diplomatik di negara-negara Eropa guna menghadapi gerakan anti-Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *