Delegasi Hamas Pulang ke Gaza Pasca Tiga Pekan di Kairo

Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) mengatakan pada hari Rabu (28/02) bahwa delegasinya yang dipimpin oleh Kepala Biro Politik Ismail Haniyeh kembali ke Gaza setelah menyelesaikan “kunjungan sukses” nya ke Kairo, di mana dia bertemu dengan sejumlah pejabat Mesir.

Gerakan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan pers bahwa pertemuan yang diadakan delegasinya dengan pejabat Mesir tersebut berkaitan dengan perkembangan politik yang terkait dengan isu Palestina, dan situasi kemanusiaan di Jalur Gaza dan file rekonsiliasi, serta hubungan bilateral di tingkat politik dan keamanan.

Dalam siaran pers itu dijelaskan bahwa delegasi tersebut mengadakan banyak pertemuan internal di tingkat pimpinan Hamas. Tidak diungkapkan hasil pembicaraan yang dicapai dengan pihak Mesir. Delegasi Hamas yang dipimpin oleh Haniyeh meninggalkan Gaza pada 9 Februari melalui gerbang perbatasan Rafah, menuju Kairo untuk bertemu dengan pejabat Mesir.

Hamas mengatakan dalam pernyataan saat kunjungannya itu bahwa kegiatan ini masuk dalam kerangka pengaturan awal, sebagai bagian dari upayanya menyempurnakan rekonsiliasi Palestina, dan berkonsultasi dengan Mesir demi meringankan situasi warga Jalur Gaza dan mencari solusi atas berbagai krisis yang dihadapinya (Anatolia/Aljazeera/i7).

——–

Keterangan Foto: Delegasi Hamas menghabiskan waktu sekitar tiga minggu di Kairo (situs jejaring).

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *