Dari Penjara Barghouthi Calonkan Diri Dalam Pilpres Palestina

Pimpinan senior Fatah yang masih mendekam dalam penjara Zionis, Marwan Barghouti, akan turut dalam pertarungan melawan Presiden inkamben Palestina Mahmoud Abbas dalam pemilu presiden Palestina mendatang, demikian seperti diungkapkan oleh anggota Dewan Revolusi Fatah kemarin (26/12).

Hatem Abdel Qader mengatakan kepada Quds Press bahwa pengacara Barghouthi telah memberitahunya tentang niatan tahanan itu “untuk mencalonkan diri dalam pemilu presiden mendatang”.

Mengutip jajak pendapat dalam negeri, Abdel Qader mengungkapkan bahwa Barghouthi adalah “kandidat favorit Fatah” jika Abbas memutuskan untuk tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan berikutnya.

Otoritas Palestina (PA) baru-baru ini dilaporkan telah meminta pencalonan Barghouthi untuk pemilu legislatifnya, tetapi dia belum menyetujui proposal tersebut. Sumber-sumber setempat mengatakan bahwa Barghouthi dapat mencalonkan diri dalam pemilu presiden begitu dia “mengundurkan diri dari Dewan Legislatif Palestina (PLC).”

Barghouthi telah mendekam di dalam penjara negara Penjajah Zionis sejak 2002 saat dia dijatuhi hukuman lima hukuman seumur hidup dan 40 tahun penjara. Dia diperkirakan akan dimasukkan dalam kesepakatan pertukaran tahanan dengan negara Penjajah Zionis, sebagai pertukaran Hamas membebaskan dua tentara negara Penjajah Zionis. (i7)

———–

Sumber: www.middleeastmonitor.com, terbit: 27 Desember 2019 pukul 15:37

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *