Channel-10: Israel Gagalkan Terbitnya Pernyataan Eropa Kutuk Pemindahan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem

Walikota Yerusalem memasang papan penunjuk jalan menuju kedubes AS (Anadol)

Channel-10 Israel melaporkan bahwa Israel telah menggagalkan pada hari Jumat (11/05) terbitnya pernyataan oleh Uni Eropa yang mengutuk pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem yang dijajah, Selasa depan.

Channel-10 menjelaskan bahwa Hongaria, Republik Ceko dan Rumania, berkoordinasi dengan Israel, mencegah terbitnya pernyataan itu , yang membutuhkan persetujuan dari semua 28 negara anggota Uni Eropa.

Menurut Channe-10, rancangan pernyataan itu digagas oleh Perancis dan beberapa negara lainnya, dengan tujuan mempermalukan Amerika Serikat beberapa hari sebelum pemindahan kedutaannya dari Israel. Itu dilakukan melalui pengambilan sikap Eropa secara bersatu menentang langkah pemindahan kedutaan.

Uni Eropa telah mengkritik pernyataan Presiden AS, Donald Trump, pada tanggal 6 Desember tahun lalu, yang menganggap Yerusalem di kedua bagian Timur dan Baratnya, sebagai ibukota Israel.  Ditegaskan pula bahwa pernyataan itu tidak mendukung bagi berakhirnya pertikaian berdasarkan solusi dua negara.

Draft pernyataan Eropa tersebut mengandung tiga klausal, yang pertama menyatakan bahwa Yerusalem adalah ibukota bagi kedua negara, Israel dan Palestina. Kedua menekankan bahwa status Yerusalem tetap terbuka untuk negosiasi, dan ketetapannya baru akan sempurna melalui negosiasi.

Klausul terakhir menyatakan bahwa negara-negara Uni Eropa tidak akan memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem seperti yang dilakukan Amerika Serikat, seperti  diberitakan oleh Channel-10. (i7).

—————-

Sumber: www.arab48.com, terbit: 11/05/2018 – jam: 23:49.

,

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *