Bin Salman Akui Hak Yahudi Atas “Tanah Mereka” dan Kepentingan dengan Israel

 

Dalam sebuah wawancara dengan The Atlantic majalah bulanan di Amerika Serikat, Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman mengatakan dia mengakui hak bangsa Yahudi atas “tanah miliknya” dan dia juga menyatakan akan adanya berbagai kepentingan bersama dengan Israel.

Di saat yang sama dia berkomentar tentang pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei bahwa dia menjadikan Hitler nampak “baik.” Sambil mengatakan kepada majalah itu bahwa dia mengakui hak bangsa Yahudi atas negara nasional miliknya sendiri di samping negara Palestina

Wawancara ini dilakukan oleh Jeffrey Goldberg, seorang Yahudi Amerika, yang memegang kewarganegaraan Israel.

Ditanya apakah dia percaya bahwa bangsa Yahudi “memiliki hak atas negara nasional atas satu bagian, paling tidak, dari tanah air leluhurnya leluhurnya,” Bin Salman menjawab bahwa dia percaya bahwa “setiap bangsa di mana saja berada memiliki hak terhadap perdamaian, dan bahwa rakyat Palestina dan rakyat Israel memiliki hak masing-masing untuk memiliki tanah air. “

Dia menambahkan bahwa perjanjian perdamaian harus dicapai untuk menjamin stabilitas bagi masing-masing dan agar keduanya memiliki hubungan yang normal.

Menanggapi pertanyaan tentang apakah Iranlah  yang menjadi penyebab bertemunya (Saudi) dengan Israel, yang tanpanya tidak akan pernah ada kepentingan bersama (Saudi) dengan Israel, Bin Salman menjawab,” Israel memiliki ukuran ekonomi yang besar, dan itu berkembang, jadi secara alami ada banyak kepentingan yang kami bisa berbagi bersama Israel.”

Dia menambahkan bahwa jika terjadi perdamaian, akan ada banyak kepentingan antara Israel dan negara-negara Teluk, dan dengan negara-negara lain seperti Mesir dan Yordania.

Menjawab pertanyaan tentang adanya keberatan keagamaan terhadap keberadaan Israel, Bin Salman mengatakan ada keprihatinan keagamaan terkait nasib Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dan tentang hak-hak rakyat Palestina, tetapi “kami sendiri tidak memiliki keberatan terhadap bangsa manapun” (Arab48/i7).

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *