Baitul Maqdis dan Tanda-tanda Kiamat

Oleh: Ust. Asfuri Bahri, Lc.

عن عوف بن مالك قال: أَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ وَهُوَ فِي قُبَّةٍ مِنْ أَدَمٍ فَقَالَ: اعْدُدْ سِتًّا بَيْنَ يَدَيْ السَّاعَة..ِ مَوْتِي ثُمَّ فَتْحُ بَيْتِ الْمَقْدِسِ ثُمَّ مُوْتَانٌ يَأْخُذُ فِيكُمْ كَقُعَاصِ الْغَنَمِ ثُمَّ اسْتِفَاضَةُ الْمَالِ حَتَّى يُعْطَى الرَّجُلُ مِائَةَ دِينَارٍ فَيَظَلُّ سَاخِطًا ثُمَّ فِتْنَةٌ لَا يَبْقَى بَيْتٌ مِنْ الْعَرَبِ إِلَّا دَخَلَتْهُ ثُمَّ هُدْنَةٌ تَكُونُ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَ بَنِي الْأَصْفَرِ فَيَغْدِرُونَ فَيَأْتُونَكُمْ تَحْتَ ثَمَانِينَ غَايَة،ً تَحْتَ كُلِّ غَايَةٍ اثْنَا عَشَرَ أَلْفًا.

Dari Auf bin Malik berkata, aku mendatangi Rasulullah saw diperang Tabuk dan beliau berada di kubah yang terbuat dari kulit, kemudian beliau bersabda, “Hitunglah enam tanda hari Kiamat; kematianku, dibebaskannya Baitul Maqdis, dua kematian yang menimpa kalian seperti kambing, melimpahnya harta sehingga seorang diberi 100 dinar tetap marah tidak rela, fitnah yang masuk ke setiap rumah masyarakat Arab tanpa kecuali, perdamaian antara dan bangsa kulit kuning (Romawi), kemudian mereka mengingkari dan menyerang kalian dari 80 arah, setiap arah terdapat 12000 pasukan.”

 

Hadits tersebut diriwayatkan Bukhari (3176), Imam Ahmad (6623), dia berkomentar bahwa derajat hadits ini hasan lighairihi (22053, 24040), Imam Hakim (8295), ia menshahihkannya dan disetujui Imam Adzdzahabi (6324, 8303, 8297), Al-Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid (122432), At-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir (244, 368), dan Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman (19331).

Hadits ini mengabarkan beberapa pertistiwa akhir zaman, sebelum datangnya hari Kiamat. Diantaranya adalah kemerdekaan Baitul Maqdis atau Al-Quds. Ini menjadi berita gembira bagi bangsa Palestina dan kaum Muslimin pada umumnya bahwa apa yang sedang dialami kota suci ummat Islam tersebut akan segera berakhir. Penderitaan bangsa Palestina akan segera selesai, dan perjuangan mereka akan menuai hasil dengan kemenangan yang nyata, kejayaan kembai untuk Al-Quds dan masjidil Aqsha. Tentu saja berita seperti ini akan membangkitkan semangat para mujahid. Menjadi penguat keimanan mereka kepada janji Allah dan Rasul-Nya

 

Pelajaran dari Hadits

1. Kewajiban beriman kepada Rasullah saw degan membenarkan berita yang disampaikan beliau

2. Selalu optimis terhadap kemenangan yang Allah dan Rasulullah saw. janjikan, kendatipun saat ini kondisi kaum Muslimin masih lemah

3. Menyampaikan kepada ummat tentang kewajiban mereka kepada Masjidil Aqsha

4. Pentingnya kawasan Baitul Maqdis dan Syam dalam sejarah dan dari masa ke masa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *