Atlas Ma’alim Al Masjidil Aqsha Al Mubarokah

Judul Buku: Atlas Ma’alim Al Masjidil Aqsha Al Mubarokah

Penulis: Dr. Abdullah Ma’ruf Umar

Penerbit: Al-Fursan Est. Publishing

Cetakan ke-: 1

Tahun terbit: 2010

Jumlah Halaman: 223 Halaman

Bahasa Asli: Bahasa Arab

 

Masjid al-Aqsha mempunyai keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Ia adalah kiblat pertama selama kurang lebih 16 bulan sejak diperintahkannya kewajiban shalat. Ia juga kiblatnya bani Israil, yang di dalam masjid al-Aqsha terdapat qubbatu ash-Shakhrah. Namun selama ini ada banyak orang yang masih keliru dalam mendefinisikan masjid al-Aqsha. Hal tersebut dikarenakan minimnya pengetahuan dan informasi seputar masjid al-Aqsha. Apalagi, berita-berita yang disajikan berasal dari sumber-sumber yang tidak dapat dipercaya. Ada yang mengatakan bahwa masjid al-Aqsha adalah masjid yang mempunyai kubah berlapis emas. Ada juga yang mengatakan bahwa ia adalah masjid yang warna kubahnya agak kelam kehitam-hitaman. Sehingga ketika terjadi penistaan terhadap masjid al-Aqsha, mereka yang tidak memahami akan mengatakan bukan masjid al-Aqsha yang dinista tapi tempat lainnya. Padahal tempat lain yang dimaksud adalah bagian dari Masjid al-Aqsha. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui landmark dari masjid ini. Bagaimanakah keindahan dari masjid al-Aqsha? dan apa saja situs-situs islam yang terdapat di dalam kawasan masjid al-Aqsha?

Buku ini merupakan ensiklopedia yang memaparkan mengenai landmark dan masjid al-Aqsha. Masjid al-Aqsha adalah sebuah nama kawasan untuk keseluruhan tempat yang dikelilingi pagar di dalam kota al-Quds. Di sekelilingnya terdapat beberapa pintu masuk, di dalamnya ada halaman yang luas, Masjid Qibli, Qubbatus Shakhrah, mushalla Marwani, ruwaq (lorong), kubah, mashthabah (gundukan batu untuk menuntut ilmu), saluran air dan lainnya. Di sisinya terdapat beberapa menara Masjid. Tidak keseluruhan kawasan al-Aqsha beratap kecuali beberapa bangunan.

Dalam buku ini penulis memberikan penjelasan disertai foto mengenai bagian-bagian dari masjid al-Aqsha. Setiap sudut masjid al-Aqsha mulai dari pintu, menara, tempat shalat (masjid/mushalla), kubah, madrasah (sekolah), ruwak (lorong), baikah (lengkung), mihrab, masthabah, dan mimbar dipaparkan dengan tersruktur beserta dengan posisinya. Kelemahan dari buku ini yaitu ada beberapa gambar yang masih kurang jelas dan pendeskripsian mengenai masing masing bagian dari masjid al-Aqsha yang perlu diperinci dan diperluas sehingga bisa semakin meningkatkan wawasan pembaca.

 

Dyna Fitria, S.Si

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *